Waduk Gondang Tempat Wisata di Lamongan

Waduk Gondang Tempat Wisata di Lamongan

ADS1
ADS2
Waduk Gondang,- Jika anda sedang jalan-jalan di Lamongan jangan lupa sempatkan mampir di salah satu tempat wisata di kota itu yaitu Waduk Gondang. Waduk Gondang ini terletak disebelah barat dari Kota Lamongan, tepatnya di Desa Gondang Lor Kecamatan Sugio. Dari arah kota menuju Waduk Gondang memakan jarak sekita 19 Km, dan membutuhkan waktu tempuh sekita 45 menit menggunakan kendaraan bermotor untuk tida di waduk yang indah ini.


Sedikit sejarah Waduk Gondang ini dibangun sekitar tahun 1972 dan diresmikan oleh Presiden RI ke-2 yaitu Presiden Suharto pada tahun 1987, saat ini tanda tangan Presiden Suharta masih terlihat jelas di gapura Waduk Gondang. Tujuan dari dibangunnya waduk ini adalah sebagai penampung air hujan atau tandonan air hujan untuk kepentingan pertanian yakni irigasi sebab di daerah sekitar Kecamatan Sugio tidak ada dan tidak dilewati oleh sungai besar seperti Bengawan Solo dan Brantas. Jadi untuk pertanian sebelumnya hanya mengandalan air hujan saja. Tetapi seusai dibangunnya Waduk Gondang  ini sangat membantu masyarakat dalam hal pengairan sawah.

Luapan air di Waduk Gondang yang disebabkan air hujan dialirkan melalui chanal sungai kecil yang mengarah ke Timur melewati samping Pasar Sugio dan akhirnya ke laut. Chanal air ini bermanfaat untuk saluran irigasi yang hasilnya dapat dirasakan oleh masyarakat setempat dan bahkan dirasakan oleh warga diluar Kecamatan Sugio. Tetapi sayang untuk urusan irigasi sebelah barat dari Waduk Gondang ini tidak merasakan airnya justru yang lebih jauh bisa mempoleh air dari Waduk Gondang.

Waduk Gondang ini memiliki luas sekitar 6.60 hektar dengan kedalam waduk 29 meter, sehingga mampu menampung cukup banyak air. Waduk Gondang ini dikelilingi oleh hutan pohon jati, persawahan dan perkebunan, dan dibagian utara dibuat bendungan besar karena posisinya tanahnya lebih rendah. Selain dimanfaatkan untuk kepentingan pertanian, Waduk Gondang juga menyimpan keindahan alam yang dapat menyejukkan mata. Oleh sebab itu Waduk Gondang dijadikan sebagai tujuan wisata untuk masyarakat sekitar dan bahkan dari luar kabupaten Lamongan seperti Bojonegoro, Gresik dan Surabaya.

Selain keindahan waduk yang ditawarkan, Waduk Gondang juga menyuguhkan wisata hewan yang sengaja dibuat menyerupai kebun binatang kecil. Kombinasi dari kedua jenis wisata ini semakin menambah keindahan suasana Waduk Gondang. Beberapa jenis binatang yang didatangkan diantaranya rusa, ular, orang utan beberapa jenis burung seperti elang. Tak hanya itu untuk menikmati kesegaran air dari Waduk Gondang anda dapat berenang langsung di tepi waduk, dan jika ingin menikmati suasana indah dari tengah-tengah waduk anda dapat menyewa perahu yang senantiasa disediakan untuk para pengunjung.
Baca : Wisata Bahari Lamongan dan Pantai di Bawean.
Untuk menambah keceriaan anda serta untuk memanjakan lidah anda diwaduk gondang telah tersedia tenan-tenan tradisional seperti kedai warung makan, aneka minuman yang posisinya berada langsung menghadap ke waduk, jadi anda dapat menikmati cita rasa masakan dan minuman yang ada sembari menikmati pemandangan Waduk Gondang yang sungguh mempesona. Menariknya wadung godang sering dijadikan pusat perkemahan pelajar baik pelajar dari wilayah Lamongan sendiri maupun dari Luar Lamongan. Mumpung anda di Lamongan jangan lupa juga kunjungi wisata tersohor di Jawa Timur yaitu Wisata Bahari Lamongan.


Advertisement
ADS3


Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top