Tempat Wisata Gunung Bromo Yang Sangat Memikat Hati

Tempat Wisata Gunung Bromo Yang Sangat Memikat Hati

ADS1
ADS2
Tempat Wisata Gunung Bromo | Gunung Bromo adalah salah satu tujuan wisata yang palig populer di Indonesia khususnya di Propinsi Jawa timur. Wisata gunung yang satu ini banyak dikunjungi oleh banyak wisatawan baik wisatawan domestik maupun manca negara yang ingin menikmati keindahan alam Indonesia. Gunung bromo adalah tempat wisata alam yang unik dimana kawasan wisata ini dikelilingi oleh lautan pasir yang menghampar sangat luas. Hembusan hawa dingin dan kesegaran udaranya mampu menyejukkan hati setiap pengunjung yang datang ke tempat wisata gunung bromo ini.

Ketika berada di puncak gunung bromo sobat dapat menikmati pemandangan matahari tenggelam (sunset) yang sangat menakjubkan. Keindahan sunset inilah yang merupakan salah satu tujuan para wisatawan selain keindahan kawah gunung. Puncak gunung bromo berada diatas ketinggian 2,392 diatas permukaan laut, dan tergolong gunung yang masih aktif sampai sekarang. Sedangkan luas hamparan pasir disekitar wisata gunung bromo ini adalah kurang lebih 10 kilometer per segi.  Sementara menurut data wilayah, gunung bromo masuk kabupaten Probolinggo, Malang, Pasuruan, dan Lumajang tetapi umumnya banyak orang menyebut gunung bromo ini berada di wilayah Probolinggo atau Lumajang Jawa Timur.

Waktu terbaik berkunjung ke tempat wisata gunung bromo

Wisata Bromo ini termasuk wisata gunung sehingga untuk kenyamanan dan keamanan, sobat juga sangat perlu memperhatikan momen yang paling tepat. Nah, waktu yang paling tepat untuk berada di wisata gunung bromo ini adalah ketika musim kemarau yaitu diantara bulan Juli sampai dengan Oktober. Pada bulan-bulan ini biasanya pengunjung meningkat sangat tajam, yang pasti pada musim kemarau ini adalah agar sobat lebih aman dan nyaman serta dapat menjelajah lebih luas tempat wisata gunung bromo ini. Perlu juga sobat ketahui, wisata ini memiliki hawa dingin tercatat suhu dipuncak Bromo berada pada 2 derajat celcius hingga 20 derajar celcius.

Sehingga, bagi sobat yang memiliki masalah kesehatan terkait dengan hawa dingin sebaiknya jangan memaksakan diri untuk berkunjung ke sana. Jika sobat adalah pecinta alam Indonesia seakan tidak lengkap manakala belum mengunjungi tempat wisata gunung bromo ini. Yang menjadi tujuan utama para wisatawan untuk datang ke gunung ini adalah untuk mendapatkan suguhan panorama kawah gunung yang tampak sangat menakjubkan. Kawah ini memiliki diameter kurang lebih 600 m yang merupakan pemandangan paling ajib di puncak gunung bromo ini.

Tempat Wisata Gunung Bromo
Selain pemandangan kawah gunung yang sangat mempesona, sobat juga akan disuguhkan panorama sunset di ufuk barat pada sore hari. Nah, inilah salah satu alasan mengapa sobat harus berkunjung di wisata bromo ini pada bulan-bulan musim kemarau. Yaitu agar dapat menikmati pemandangan sunset yang luar biasa, tanpa perlu khawatir tertutup oleh awan. Sebaliknya setelah matahari terbit dan mulai naik keatas, sobat juga di manjakan dengan pemandangan lautan pasir berwarna jingga sepanjang mata melihat.

Tempat Wisata Gunung Bromo

Tak cukup itu saja, untuk eksplorasi wisata ini lebih dalam lagi dan untuk menambah aktivitas sobat saat berada dikawasan ini agar tidak bosan telah disediakan kuda yang siap anda tunggangi dan keandaraan mobil jeep yang siap menanti. Jika sobat memilih jeep, sobat akan ditawari dengan beberapa opsi track atau rute yang mana rute ini juga berpengaruh dengan biaya sewa yang akan sobat keluarkan. Sebagai tambahan jika sobat datang ke tempat wisata gunung bromo ini pas berbarengan dengan acara adat masyarakat setempat yaitu suku tengger sobat dapat melihat festifal Kasodo. Acara ini digelar oleh masyarakat suku tengger sebagai pemujaan agar diberikan hasil panen yang melimpah.

Tempat Wisata Gunung Bromo
Tempat Wisata Gunung Bromo

Akses ke Tempat wisata gunung bromo

Untuk menuju puncak gunung bromo dapat melalui tiga pintu, yaitu lewat Desa Cemorolawang yang berada di kabupaten Probolinggo, Lewat Desa Ngadas dikabupaten Malang, dan lewat desa Burno di kabupaten Lumajang. Nah, sekarang tinggal anda berangkat dari mana? Anda dapat memilih dari ketiga pintu tersebut mana yang peling dekat dari lokasi anda tinggal atau anda berangkat. Hal yang mungkin tidak boleh anda abaikan adalah waktu sobat sampai puncak gunung. Jika sobat untuk berkujung untuk segera menikmati pemandangan sunset pastikan bisa sampai tujuan sebelum sore, atau tiba untuk menikmati pemandangan hamparan pasir sobat dapat berangkat pagi hari. Karena ini dapat membatu bagi sobat yang memiliki keterbatasan waktu.

Akomodasi tempat wisata gunung bromo

Tak perlu khawatir dengan penginapan maupun tempat makan, sebab wisata gunung bromo ini telah difasilitasi dengan akomodasi yang cukup baik seperti telah tersedia hotel maupun penginapan yang berada didekat wisata. Selain itu, sobat juga akan mendapati toko-toko souvenir, toko oleh-oleh dan rumah makan serta restaurant.

Ingin mendapatkan wisata pantai yang indah ? simak:
  1. Wisata Bahari Lamongan (WBL)
  2. Wisata pantai pulau bawean
  3. Wisata pantai pasir putih Delegan Gresik
Nah, apakah anda masih bingung untuk mendapatkan tujuan berwisata di akhir pekan nanti? Sobat bisa pertimbangkan tempat wisata gunung bromo sebagai tujuan anda.


Advertisement
ADS3


Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top