Bedengan Malang, Asyiknya Petik Jeruk

Bedengan Malang, Asyiknya Petik Jeruk

ADS1
ADS2
Larut dalam kesibukan setiap hari mungkin dapat memicu timbulnya stress, nah oleh sebab itu manfaatkan waktu luang anda untuk mencari hiburan yang dapat merilekskan pikiran dan mengendurkan otot-otot yang kencang. Berlibur di Kabupaten Malang yang banyak memiliki obyek wisata indah mungkin bisa jadi pertimbangan. Malang yang identik dengan pegunungan berhawa sejuk dan hembusan angin segar akan membantu merefleksi sobat agar lebih tenang. Dan seusainya sobat dapat menjalankan rutinitas dengan semangat full dan jiwa raga yang segar.

Kerinduan akan wisata alam yang sungguh alami nan indah dapat anda penuhi dengan berkunjung ke Wisata Bedengan Malang Jawa Timur. Wisata alam bedengan ini tempatnya jauh dari pusat kota Malang yaitu anda harus menempuh kurang lebih 25 km ke arah barat dari pusat kota Malang. Bedengan lokasinya masih jauh dari keramaian kota, sehingga sekitar lokasi masih tampak alami dan penuh dengan kehijauan.


Untuk bisa tiba di wisata bedengan, sobat harus melewati desa demi desa, rute menuju ke sana juga harus melewati perkebunan jeruk. Tapi untungnya akses ke tujuan bisa dilewati kendaraan baik roda dua maupun roda 4. Namun bagi kendaraan roda 4 tidak bisa masuk sampai ke lokasi, mobil atau kendaraan roda empat harus di parkir di desa yang jaraknya kurang lebih 1 km. Sementara sepeda motor bisa langsung sampai lokasi tujuan. Dalam perjalanan cukup menyenangkan, sebab anda dapat melewati keindahan kebun jeruk.

Bedengan ini juga dikenal dengan bumi perkemahan, sehingga tak jarang siswa siswi dari berbagai sekolah melaksanakan kemah bersama di Bedengan ini.  Lokasi sekitar bedengan masih sangat alami, banyak pepohonan hijau di sana terutama pohon pinus yang mengelilingi lokasi yang membuat suasana lokasi terasa teduh, asri dan udaranya segar. Tak hanya itu, di tepian sobat juga akan menemukan aliran sungai yang airnya sungguh jernih. Banyak traveler yang eksplor tempat ini mendirikan tenda di disamping sungai tersebut.


Sungai ini airnya selalu mengalir, karena berasal dari air terjun brues. Air terjun ini  berada di tempat terpencil sehingga masih jarang diketahui oleh wisatawan. Disamping itu lokasi ini juga belum mendapat sentuhan pemerintah dalam hal pembangunan. Bedengan adalah tempat yang sangat cocok sekali bagi sobat yang ingin menikmati panorama alami yang berada di luar ruangan.

Walaupun wisata ini berada di daerah terpencil, ternyata masih tetap tersedia fasilitas penting yang dibutuhkan oleh wisatawan seperti kamar mandi, toilet, parkir motor dan lain sebagainya. Nah, sobat tidak perlu khawatir jika ingin berkemah atau menginap di Bedengan ini. Karena lokasi ini adalah dimanfaatkan sebagai aktivitas perkemahan maka disana terdapat hamparan lahan yang cukup luas untuk didirikan tenda-tenda.

Tenda-tenda didirikan dibawah rindangnya pohon pinus sehingga tetap terasa teduh dan nyaman, dan yang paling penting terindungi dari sengatan sinar matahari yang panas. Perlu anda ketahui bahwa lahan ini masih dikelola oleh perhutani dan dibantu oleh warga. Misalnya parkir sepeda motor dan menjaga kebersihannya. Parkir motor tidaklah mahal, anda cukup membayar 2.500 rupiah Insya Allah motor sobat sudah aman. Dan tiket masuknya sebesar 5.000 rupiah.

Wisata Bedengan Malang ini masih tergolong baru, karena wisata ini baru dibuka pada tahun 2007 yang lalu. Sebelumnya lokasi ini dimanfaatkan sebagai pembibitan oleh warga setempat. Bibit-bibit tersebut diberikan peneduh biasanya dari daun-daun kering, nah ini disebut dengan bedengan. Hawa sejuk selalu menyelimuti setiap orang yang berada di sana. Pasalnya Bedengan ini berada di kaki gunung panderman. Pemandangan yang alami penuh dengan kehijauan didukung dengan hamparan kebun jeruk akan memanjakan setiap pengunjung dan semakin betah berlama-lama di sana.

Nah, hal yang paling asyik dan menyenangkan di Bedengan adalah menyediakan wisata petik jeruk. Mungkin selama ini sobat hanya melihat buahnya saja dan langsung dimakan. Namun disini anda bisa memetik jeruk sendiri dan bisa langsung dimakan. Di sini tersedia kurang lebih 12 jenis jeruk yang ditanam. Dengan ini tentunya petualangan sobat di sini menjadi lebih menarik, tidak sebatas itu saja, lokasi petik jeruk juga bisa menjadi edukasi bagi anak untuk mengetahui tanaman jeruk, jenis jeruk, cara menanam jeruk, memanen jeruk, merawat tanaman jeruk dan lain sebagainya.



Lokasi Bedengan banyak ditumbuhi oleh pohon pinus yang besar dan tinggi, tumbuhan lain seperti semak-semak, rerumputan dan lain-lain. Disamping itu, kondisi tanah yang subur sangat baik untuk digunakan sebagai pembibitan. Selain menikmati suguhan pemandangan alam yang mempesona, sobat juga bisa bermain air di aliran sungai. Sungainya cukup dangkal, airnya sungguh jenih dan dingin.

Lokasi wisata Bedengan Malang

Wisata atau bumi perkemahan Bedengan ini secara administratif berada di Dsn. Selokerto, Ds. Selorejo, Kec. Dau, Malang, Jawa Timur. Dari pusat kota anda masih menempuh jarak kurang lebih 25 km ke arah barat. Nah untuk mempermudah perjalanan anda menuju lokasi jangan lupa nyalakan smartphone anda dan buka google map. Selain di Bedengan, wisata alami lainnya seperti Agro Tawon (Wisata Petik Madu) juga perlu anda kunjungi.

Itulah tentang wisata alam Bedengan atau disebut juga bumi perkemahan Bedengan Malang Jawa Timur, sangat lupa bawa kamera yang bagus ya buat foto kenangan untuk diunggah ke akun media social sobat semua. Selamar berlibur dan berpetualang…


Advertisement
ADS3


Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top