Bendungan Karang Kates Malang Yang Segar Dan Alami

Bendungan Karang Kates Malang Yang Segar Dan Alami

ADS1
ADS2
Suguhan pemandangan alam yang tersedia di Malang Jawa Timur dapat menjadi ciri khas kota Malang memiliki banyak obyek wisata alam yang indah dan mempesona. Mulai wisata gunung, wisata air terjun, pantai selatan yang berombah besar hingga bendungan karang kates yang sering disambangi oleh wisatawan.

Bendungan karang kates memberi suguhan pemandangan alami, daerahnya yang berada diketinggian karena daerah pegunungan tentunya memberikan daya tarik tersendiri. Ini cocok sekali dijadikan background foto selfi cantik dan kegantengan yang anda punyai. Banyak orang yang menyebut bendungan ini dengan bendungan sutami entah kenapa kok memiliki panggilan tersebut. Entahlah yang menjadi point penting bendungan ini bisa anda manfaatkan sebagai destinasi saat liburan nanti, atau pada saat long weekend.

Jarak keberadaan wisata bendungan karang kates dari pusat kota lumayan jauh namun tak jauh-jauh amat dan memubutuhkan waktu seharian untuk tiba di sana bila berangkat dari pusat kota Malang. Tercatat kurang lebih 40 km ke arah barat menuju tempat lokasi, bisa menggunakan motor maupun mobil. Bendungan karang kates Malang Jawa Timur di bangun oleh pemerintah pada tahun antara 1975 hingga selesai pada tahun 1977. Cukup menelan biaya yang tidak sedikit untuk mewujudkan bendungan ini.


Bendungan air ini berasal dari jalur sungai terbesar di pulau Jawa yaitu sungai brantas. Sungai brantas ini merupakan sungai terbesar di pulau jawa yang melewati beberapa Kabupaten di Jawa Timur, kalau tidak salah sungai brantas ini dimulai dari sekitar malang dan bermuara di laut Surabaya. Tujuan dibangunnye bendungan karang kates malang ini adalah sebagai pembangkit tenaga listrik. Suplai listrik yang dipasok dari PLTA karang kates malang ini sangat besar yaitu mencapai 3x35 megawatt. Dan ditatat mampu mengalirkan listrik kurang lebih 400.000 kwh setiap tahunnya.

Pengelola Bendungan Karang Kates ini adalah Perum Jasa Tirta I, yang memiliki luas area kurang lebih 6 hektar. Lokasi ini selain sumber listrik untuk membantu memenuhi kebutuhan listrik Nasional, Bendungan karang kates ini ternyata memiliki pemandangan istimewa, tak jarang wisatawan dari berbagai kota datang ke sini. Nah, dengan demikian dengan adanya bendungan karang kates ini menambah deretan daftar wisata yang ada di Malang Jawa Timur.

Pesona keindahan alam tidak hanya pada bendungannya saja, namun bendungan ini menyatu dengan sebuah danau besar. Danau besar ini dikelilingi oleh pegunungan, tentunya hal ini terlihat begitu menakjubkan. Anda bisa menyusuri bendungan ini dengan menyewa perahu di sana, menglilingi waduk dengan perahu terasa sangat menyenangkan, ditambah lagi hawa yang begitu sejuk dan udara segar akan membuat anda terasa nyaman.


Menariknya lagi untuk sobat yang memiliki hobi memancing, maka sobat pun bisa menyalurkan hobi tersebut di sana dengan memancing di danau. Beragam jenis ikan bisa anda dapatkan, namun populasi ikan mujair paling mudah anda temukan. Bukan hanya memancing, bendungan karang kates juga menjadi sarana olahraga yang menyenangkan. Hawa sejuk, udara segar dan bersih karena jauh dari industri sangat tepat untuk dijadikan tempat olahraga. Tidak jarang masyarakat sekitar malang yang datang ke lokasi untuk berolahraga seperti jogging, bersepeda, senam dan lain sebagainya.
Habis dari karang kates sobat bisa menuju ke bumi perkemahan Bedengan Malang
Selain itu anda juga akan mendapati taman wisata yang lokasinya di sebelah utara bendungan karang kates dan sebelah selatan bendungan lahor. Bendungan ini dibangun diatas sungai lahor. Tak hanya berwisata alam, sobat pun bisa menikmati makanan khas ikan yang ditangkap dari danau dan sungai tersebut. Nah, anda tidak perlu khawatir soal perut, pasalnya disana banyak kedai makan yang menjual aneka masakan yang mungkin sobat sukai.

Fasilitas Bendungan Karang Kates Malang

Untuk memberikan kenyamanan pada setiap pengunjung, pengelola wisata bendungan karang kates juga memberikan beberapa fasilitas penting yang –dibutuhkan oleh kebanyakan pengunjung. Diantara fasilitas yang tersedia diasana antara lain terdapat mushola, mushola ini untuk ibadah orang muslim, nah jangan sampai beralasan meninggalkan sholat 5 waktu ya. Tersedia kamar mandi, toilet, ketiga fasilitas ini sangat penting keberadaannya. Selain itu, fasilitas lainnya adalah tempat parkir yang luas, kebun binatang mini, tempat camping, arena permainan anak-anak dan lain sebagainya.

Tiket masuk wisata bendungan karang kates Malang

Harga tiket masuk ke lokasi wisata ini adalah 5 ribu rupiah untuk setiap pengunjung. Nah dengan demikian jangan sampai anda tidak bawa uang hehe..

Lokasi bendungan karang kates

Bandungan karang kates ini berada di kec. Sumber Pucung, Malang Jawa Timur. Bila datang dari kota Malang, sobat harus menempuh jarak kurang lebih 40 km ke arah barat. Lokasinya cukup strategis karena berada dekat dengan jalan raya Malang – Blitar, sehingga sobat bisa menggunakan kendaraan pribadi baik motor maupun mobil. Rute dari kota Malang menuru bendungan karangkates : Malang -> Kepanjen -> Sumber Pucung -> dan sampai di bendungan karang kates. Naik kendaraan umum : Mikrolet (JDM) mulai dari terminal Landungsari Malang. Menuju ke gununga kawi dari karang kates berjarak kurang lebih 15 km ke arah barat.
Jika sobat di kota Malang, jangan lupa mampir ke Alun-alun Kota Malang.
Itulah sekilas bendungan karang kates yang sekarang menjadi salah satu obyek wisata alam di  Malang Jawa Timur yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Selamat berlibur dan semoga menemukan hari-hari yang indah.


Advertisement
ADS3


Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top