Tempat Wisata Di Pacet, Trawas Mojokerto Yang Paling Memikat

Tempat Wisata Di Pacet, Trawas Mojokerto Yang Paling Memikat

ADS1
ADS2
Tempat Wisata Di Mojokerto - tempar Rekreasi di Mojokerto – Dalam hal wisata Kabupaten Mojokerto Jawa Timur ini juga tidak kalah dengan daerah lain. Bahkan Mojokerto terkenal dengan wisata sejarahnya yaitu kerajaan terbesar yang pernah ada di tanah jawa yaitu Kerajaan Majapahit. Kerjaan Hindu Budha ini adalah salah satu kerajaan terbesar di Nusantara, konon kekuasaannya hingga keluar Pulau Jawa. Pada waktu itu kerajaan Majapahit mencapai kejayaannya ketika dibawah pimpinan raja Hayam Wuruk dan Patih Gajah Mada. Kedua sosok ini dikenal hingga sekarang, kerjaan ini juga mampu menyatukan berbagai pulau yang ada di nusantara menjadi satu kesatuan. Salah satu kalimat yang terkenal dan di gunakan hingga saat ini oleh Bangsa Indonesia adalah berbeda-beda tetapi tetap satu jua.

Mojokerto bukan hanya dikenal dengan wisata sejarahnya saja, tetapi Kabupaten ini juga menyimpan wisata alam seperti gunung dan air terjun yang luar biasa indahnya. Selain itu, banyak wahana permainan yang dapat dijumpai di Mojokerto. Jadi bila anda berkunjung ke Mojokerto jangan sampai lewatkan untuk mampir ke tempat wisatanya. Atau untuk saudara-saudara yang berada tinggal di luar Mojokerto bisa mencoba untuk berlibur kemari. Nah, buat sobat yang masih pusing menentukan destinasi wisata, cobalah tengok beberapa wisata menarik di Mojokerto, seperti yang kami ulas di bawah ini.

1. Air Terjun Grenjengan Pacet Mojokerto

 

Air terjun Grenjengan ini adalah salah satu obyek wisata terindah yang dimiliki oleh Mojokerto. Lokasi tempat wisata air terjun grenjengan ini berada di daerah Pacet, di lereng gunung wlierang tepatnya di Ds. Padusan, Kec. Pacet, Mojokerto, Jawa Timur. Di lokasi ini terdapat di air terjun yang sangat mempesona diantaranya air terjun grenjengan ini sendiri dan air terjun coban canggu. Tetapi yang lebih di kenal oleh masyarakat luas adalah air terjuan grenjengan. Suguhan pemandangan di sekitar air terjun ini benar-benar alami dang sungguh mempesona. Mulai sari pepohonan yang rimbun, suara air terjun, nyanyian burung dan banyak dijumpai hewan-hewan liar lainnya yang memperkuat nuansa alami di lokasi ini.

Rute menuju ke TPK cukup mudah, bahkan anda bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil dan motor hingga ke lokasi.

2. Air Terjun Surodadu Mojokerto

 

Air Terjun Surodadu merupakan salah satu air terjun yang indah di daerah Pacet, Mojokerto. Waterfall ini menyediakan pemandangan alami, dikelilingin dengan pepohonan hijau, derasnya suara air terjun dan suara satwat liar serta teduhnya pohon bambu yang memperkuat nuansa alami di sekitar Air Terjun Surodadu Mojokerto ini.

Lokasinya berada di Dsn. Mligi, Ds. Claket, Kecamatan Pacet, Mojokerto Jawa Timur.

3. Akar Seribu Mojokerto

 


Sesuai dengan namanya akar seribu adalah tumpukan akar sebuah pohon. Pohon tersebut sering disebut dengan nama taligoro oleh masyaratakat setempat sementara secara umum pohon tersebut adalah pohon koang. Pohon ini sudah berusia ratusan tahun, tingginya mencapai 20 meter sedangkan cabangnya bisa mencapai diameter 7 meter. Menurut cerita rakyat pohon ini menyimpan sejarah dari kerajaan majapahit, simak selengkapnya di sini.

Sobat bisa sampai di lokasi dengan mudah dengan menggunakan kendaraan pribadi, akar seribu ini berada di kaki pegunungan anjasmara, lebih tepatnya berada di Ds. Bagaganlimo, Kec. Gondang, Mojokerto Jawa Timur.
Baca : Wisata paling menarik di Gresik

4. Budha Tidur Mojokerto

 

Patung Budha tidur adalah salah satu obyek wisata di Mojokerto yang tak pernah sepi pengunjung. Patung budha tidur ini memiliki ukuran terbesar di Indonesia, yang merupakan nomor urutan ke 3 dari Thailand dan Myanmar. Patung budha tidur ini disebut juga dengan sleeping budha dengan panjang patung mencapai 22 meter, sementara lebarnya 6 meter dan ketinggiannya mencapai 4.5 meter.

5. Candi Bajangratu Majapahit Mojokerto

 

Candi bajang ratu atau dikenal dengan nama lain gapura bajangratu merupakan peninggalan kerajaan majapahit yang berada di sekitar trowulan. Ukurang gapura ini diperkirakan yang paling besar pada masa puncak kejayaan majapahit. Candi ini dibangun sekitar abad ke 14 hingga kini masih dapat kita lihat bangunannya meski tak sempurna. Candi ini diperkirakan sebagai pintu masuk belakang kerajaan majapahit, namun setelah sepeninggalan raja Jayanegara, situs ini dijadikan sebagai pintu masuk bangunan suci untuk memperingati Raja Jayanegara.

Lokasi berada di Trowulan, Mojokerto, Jatim.

6. Candi Brahu Mojokerto

 

Wisata bersejarah lainnya yang ada di Mojokerto yang kerap disambangi oleh pengunjung adalah candi brahu. Candi ini dibuat dari tumbukan batu bata merah dengan ketinggian mencapai 20 meter, panjang 22.5 meter dan lebarnya 18 meter. Candi ini menghadap ke arah kiblat. Nama candi ini diperkirakan berasal dari kata brahu yang memiliki arti wanaru atau warahu. Nama ini juga diperkirakan mengambil dari bangunan suci yaitu prasasti alasantan.

Lokasi candi brahu ini berada di Dukuh Jambu Mente, Ds. Bejijong, Kec. Trowulan Kab Mojokerto, Jawa Timur. Untuk sampai dilokasi cukup mudah bisa menggunakan kendaraan pribadi baik mobil maupun motor.

7. Candi Jedong Mojokerto

 

Situs jedong atau disebut dengan candi jedong merupakan perpaduan dua buah gapura kuno yang dibangun sejak abat 14 yang lalu. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di tahun 1907, di kawasan ini terdapat tiga gapura dimana satu gapura dibuat dari batu bata sementara dua yang lain dibangun dari batu andesit. Tetapi sayangnya gapura tersebut tinggal 2 yaitu gapura yang dibuat dari batu andesit, sedangkan gapura dari batu bata telah runtuh. Dua gapura ini berdiri pada poros pintu arah barat dan timur, keduanya berjarak 80 meter.

Candi/situs jedong berada di Ds. Wotanmas Jedong – Ngoro – Mojokerto – Jawa Timur. Kurang lebih 30 km ke arah timur dari kota Mojokerto.

8. Candi Sumur Mojokerto

 

Sekilas mengenai cerita rakyat soal candi sumur ini. Ketika itu dimana kejayaan Majapahit telah mencapai kedigdayaannya. Para pejabat di kerajaan kepincut dengan seorang putri dari Adipati Bulu. Sang putri memiliki wajah yang sangat cantik hingga tak heran pada pejabat tinggi kerajaan majapahit ingin memperistrinya. Sang putri memberikan persyaratan bagi seorang petinggi kerajaan yang handak meminangnya. Apa itu syaratnya? Syaratnya adalah mampu untuk membuat sumur dimana air sumur lebih tinggi dari permukaan air dan permukaan sungai. Sang pejabat kerajaan tersebut tidak menyerah begitu saja, ia langsung memerintahkan agar membuat sumur dengan dikelilingi pohon besar, kemudian sumur ini disebut dengan sumur gantung.

Candi sumur ini berada di Ds. Berat Wetan,Kecamatan Gedeg, Mojokerto - Jawa Timur.

9. Candi Wringin Lawang Mojokerto

 

Candi wringin lawang ini bangunan gapura peninggalan kerajaan majapahit. Gapura ini menghadap timur dan barat, dibangun dari batu bata dengan ukuran panjang 13 meter, untuk lebarnya sekitar 11.5 meter dan tinggi candi 25.5 meter. Gapura ini tidak memiliki atap dan termasuk candi bentar. Gapura ini diperkirakan merupakan gerbang luar sebeleum masuk ke pintu utama majapahit. Buat anda yang ingin melihat candi wringin lawang bisa datang ke lokasi di Dsn. Wringinlawang, Ds. Jatipasar, Trowulan, Mojokerto Jatim.
Mau cari obyek wisata di Pasuruan? Baca disini.

10. Claket Adventure Park Mojokerto

 

Claket Adventure Park ini merupakan wisata anyar yang telah dibangun di kawasan Pacet, dimana daerah ini dikenal baik dengan keindahan wisata alamnya. Salah satu yang terkenal dari Pacet ini adalah pemandian air panas yang cukup mujarap untuk terapi kulit. Pemandangan di Claket Adventure Park ini sangat tepat bila anda adalah seorang yang gemar dengan gaya aka selfie. Background yang indah akan menghiasi jepretan foto anda dan siap untuk dipajang di dinding rumah sebagai foto terindah yang anda miliki.

Di tempat ini permirsa bisa mencoba beragam permainan penguji adrenalin. Banyak spot-spot istimewa disini diantaranya undah wolu, hammock, lembah cinta dan spot selfie dan masih ada yang lain bahkan sedang dikembangkan. Lokasi wisata Claket Adventure Park ini berada di Dsn. Claket, Ds. Claket, Pacet, Mojokerto, Jatim.

11. Coban Waru Pacet Mojokerto

 

Obyek wisata yang satu ini sangat alami, bayangkan saja untuk bisa disan sobat harus melalui jalan jalan yang cukup ekstrim mulai dari perkebunan, sawah, tanjakan dan turunan pokonya cukup melelahkan. Tetapi bila sampi disana semua rasa lelah akan terbayar kontan dengan keindahan wisata coban waru Pacet Mojokerto ini. Nah, jika sobat ingin menikmati nuansa alam yang indah jangan lewatnya untuk mampir ke tempat ini.

Lokasinya di daerah Pacet, Mojokerto, Jawa Timur.

12. Coban Watu Ondo Mojokerto

 

Masih dalam kawasan Pacet Mojokerto, Memang daerah ini merupakan kumpulan obyek wisata alam yang tidak boleh anda tinggalnya ketika berlibur di Mojokerto. Salah satu lokasi menarik yang patut anda sambangi ketika di Pacet adalah Coban Watu Ondo Mojokerto. Tempatnya berada di kaki gunung wlirang Pacet, Mojokerto. Dari nama wisata yaitu “Watu Ondo” ini diambil dari medan yang harus dilalui untuk sampai di sana. Medan berupan batu tangga (watu ondo), selain itu juga dikenal dengan nama Coban kembat watu ondo karena di sana terdapat dua air terjun yang seling berhadapan satu sama lain.

Lokasinya masih di kawasan Pacet, Mojokerto, Jawa Timur

13. Gunung Bale Resort Mojokerto


gunungbaleresort.com
Obyek wisata yang dilengkapi dengan hotel, resort, hiking, outbond, play ground dan lain-lain ini tentaunya sangat cocok untuk anda yang ingin melaksakan aktivitas di sana seperti kemah, gathering, outbond dan lain-lain.

Letaknya berada di Trawas, Mojokerto, Jatim

14. Jogging track mojokerto

 

Untuk mencari tempat olahraga terutama lari-lari kecil di pagi hari dan di sore hari, sobat bisa melakukannya di Jogging track Mojokerto. Jogging track ini berada dekat dengan sungai brantas yaitu dermaga yang dibangun menjorok ke arah sungai yang di berikan jalur jalan kaki dipinggir sungai brantas di Jl. Hayam Wuruk ini adalah Jogging track yang dimaksud. Berolahraga sambil berwisata air rasa-rasanya sangat menyenenangkan.

Lokasinya di dekat Jalan Hayam Wuruk / Jembatan Gajah Mada. Track ini terbentang kurang lebih 1000 meter.

15. Kampung Majapahit Mojokerto



Kerajaan majapahit adalah salah satu kerajaan besar yang pernah ada di Indonesia. Kedigdayaan majapahit berlangsung kurang lebih selama 200 tahun dan akhirnya tersingkirkan oleh peradaban baru. Sebagai kerajan yang pernah berjaya di masa lampau, pastinya memiliki banyak peninggalan. Hal ini tentunya mengundang berbagai ilmuan, arkeolog bahkan orang pintar ingin menelitinya. Daerah yang memiliki banyak sisa-sisa bangunan yang telah runtuh ini berada di Trowulan, Mojokerto yang disebut dengan Kampung Majapahit. Kampung ini memang banyak terdapat puing-puing dan sisa-sisa peninggalan kerajaan Majapahit. Desa yang disebut dengan Kampung Majapahit ini adalah Desa Bejijong, Kec. Trowulan, Mojokerto, Jatim.

16. Kolam Segaran Majapahit Mojokerto

 


Selain situs, peninggalan kerajaan Majapahit di Trowulan, Mojokerto ini adalah Kolam Segaran Majapahit. Meskipun kolam ini mengalami pemugaran berkali-kali namun dapat anda bayangkan bahwa segaran ini merupakan kolam yang sudah di bangun sejak ratusan tahun yang lalu. Ukuran kolam ini sangat luas yaitu dengan panjang 375 meter, lebar 175 meter dan dalam kolam mencapai 2.88 meter. Sementara tebal tepian 1.6 meter. Konon, pada zaman kejayaan Majapahit semua peralatan yang terbuat dari emas yang digunakan usai menjamu para tamu langsung dibuang ke kolam segaran ini. Terlepas dari itu, semua bila sobat jalan-jalan ke sana jangan lewatnya untuk mencicipi kuliner ikan wader dengan sambal trasi yang berada tidak jauh dari segaran.

Lokasi di Trowulan, Mojokerto, Jatim

17. Maha Vihara Mojopahit Mojokerto

 

Maha Vihara Mojopahit merupakan bangunan dengan menerapkan arsitek jawa bentunya joglo namun pada pintu masuk maha vihara Mojokerto ini kombinasi arsitek Jawa, Cina dan India. Tampak dari depan Maha Vihara ini rapi dan sejuk karena berwarna hijau, jalan masuk sudah dikeramik, dilengkapi dengan tanaman-tanaman hias di samping kiri dan kanan serta patung Buddha sebesar manusia.

Lokasi nya berada di berjarak kurang lebih 300 meter dari jalan Trowulan, atau masuk candi baru kemudian belok kiri Gg. I belok kanan. Disana letak Maha Vihara Majapahit.

18. Museum Arkeologi Trowulan Mojokerto

 

Museum arkeologi di Trowulan ini merupakan tempat koleksi benda-benda peninggalan kerajaan majapahit. Trowulan adalah lokasi paling banyak ditemukan peninggalan majapahit dan sekaligus menjadi pusat kerajaan. Jadi tidaklah heran manakala banyak benda-benda kuno yang notabenenya warisan dari kerajaan majapahit. Nah, di sini selain anda akan menjumpai banyak situs-situs, anda juga bisa melihat koleksi peninggalan kerajaan Majapahit.

Museum wayang ini berada di jalan Pendopo Agung, Trowulan, Mojokerto, Jatim

19. Museum Rolak Songo Mojokerto

 useum rolak songo ini juga kerap disampangi oleh wisatawan, Museum rolak songo adalah 1 set pintu air masuk yang lokasinya berada disebelah kiri pintu masuk Kerajaan Maapahit. Pada gedung utama dipajang foto para pemimpi rolak songo dan juga orang-orang yang membuat rolak songo. Lokasinya ini cukup nyaman menjadi tujuan wisata keluarga, tempatnya yang sejuk dan menarik.

Lokasi Jl. Raya Lengkong, Mojoanyar, Mojokerto, Jawa Timur
Ini dia Daftar Wisata di Surabaya Jawa Timur

20. Museum Wayang Mojokerto

 

Selain berwisata di daerah Trowulan, Mojokerto juga masih banyak memiliki wisata lainnya salah satu dari mereka adalah Museum Wayang Mojokerto. Museum ini adalah tempat koleksi wayang yang jumlahnya sangat banyak. Beberpa jenis wayang yang dikoleksi dalam museum ini adalah wayang kulit, wayang golek, wayang potehi dan wayang rumput.

Letaknya adalah di jalan Kartini Nomer 23 kota Mojokerto Jatim.

21. Pacet Mini Park Mojokerto

 

Dalam kawasan Pacet Mojokerto sobat akan menemukan beragam jenis tempat wisata yang sangat apik dan sangat menghibur untuk merenggangkat otot sobat. Satu diantaranya adalah Pacet Mini Park. Pacat mini Park ini merupakan tempat menarik dengan dilengkapi dengan berbagai fasilitas diantaranya restaurant apung lesehan yang mempu menghadirkan suasanya sejuk dan nyaman, tersedia juga ruang rapat untuk kegiatan kantor, gathering, tempat untuk acara pernikahan dan lainnya. Didukung dengan peralatan sound system, multimedi dan dekor.

Lokasinya di Kecamatan Pacet, Mojokerto, Jawa Timur.

22. Padusan Agro Wisata Mojokerto

 

Padusan Agro Wisata Mojokerto berada di kaki gunung welirang Mojokerto, Karena keberadaanya adalah di kaki gunung makan area agro wisata ini berbentuk teras-teras. Pengelola Padusan Agro Wisata Mojokerto ini adalah warga setempat yang saat ini telah memiliki lahan kurang lebih 15 Ha dan 30 Greenhouse. Anda bisa menemukan beragam jenis sayuran organik di Padusan Agro Wisata Mojokerto ini. mulai dari bayam merah,sawi,  sawi putih, selada keriting, horenso,strawberi dan masih banyak yang lain.

23. Pendopo Agung Trowulan Mojokerto

 

Pendopo Agung ini dibangun oleh Kodam V Brawijaya pada tahun 1964 – 1973. Bangunan yang dipercaya menjadi tempat Maha Patih Gajah mada ketika bersumpah untuk menyatukan nusantara. Ikrar ini sering disebut dengan sumpah palapa. Karena tempat ini dianggap sebagai tempat keramat makan tidak jarang pengunjung yang datang ke pondopo agung Mojokerto ini. Pendopo Agung ini berada di Trowulan sehingga banyak pengunjung yang memanfaatkan untuk berkeliling melihat situs-situs peninggalan Kerajaan Majapahit.

24. Picking Orange Travel Mojokerto

Lokasi tempat wisata Picking Orange Travel Mojokerto berada di Ds. Sumbersono, Kel. Dlanggu, Mojokerto – Jawa Timur.

25. PPLH Sololiman Mojokerto

 

PPLH Sololiman Mojokerto sangat tepat untuk anda yang ingin melepat rasa penat dipikiran. Pasalnya PPLH Sololiman Mojokerto memiliki pemandangan alam yang sangat memikat. Sobat bisa menemukan pemandangan yang hijau dari berbagai pepohonan dan jernihnya air yang mengalir di sungai. Nah, bagi sobat yang ingin mengincar tempat selfi berlatar pemandangan alam maka PPLH Sololiman Mojokerto adalah tempatnya.

Lokasinya berada di trawas, Mojokerto, Jawa Timur

26. Taman Benteng Pancasila Mojokerto

 

Taman ini melengkapi obyek wisata di Mojokerto. Taman benteng pancasila dibangun oleh Bapak wali Kota Mojokerto pada tahun 2013. Lokasi ini berbentuk persawahan dengan luas kurang lebih satu hertar. Taman Benteng Pancasila memiliki pemandangan alam yang indah, karena lokasinya adalah persawahan sehingga bagus untuk menyejukkan mata setelah rutinitas di depat monitor. Tempat ini juga dijadikan sebagai wadah untuk olah fisik, seperti jogging, jalan santai dan bersepeda. Tempat wisata ini banyak didatangi oleh wisatawan baik dalam Mojokerto maupun dari luar Mojokerto.

Lokasinya berada di jalan Benteng Pancasila, Ds. Meri, Kec. Magersari Kab. Mojokerto – Jawa Timur.

27. Taman Kelinci Padusan Mojokerto

 

Mungkin kelinci bukanlah hewan aneh lagi, namun populasi kelinci yang cukup banyak menjadi hal yang baru. Berdasarkan nama tempat wisata ini, maka taman ini mengutaman hewan kelinci sebagai obyek wisatanya. Karena tempatnya yang teduh, segar dan nyaman sehingga cukup tepat dimanfaatkan untuk acara piknik keluarga.

Taman Kelinci Padusan berada di Jln. Air Panas – Padusan – Pacet – Mojokerto – Jawa Timur.

28. Waterland Park Mojokerto

 

Anda masih bingung ingin berwisata kemana dengan anak-anak, tak perlu jauh-jauh cukup datang ke waterland Park Mojokerto. Tempat yang menarik dan menyenangkan ini sangat digemari oleh anak-anak sampai orang dewasa.

Lokasinya berada di By Pass Mojokerto, KM. 54 Mojokerto – Jatim

29. Wisata Pemandian Ubalan Mojokerto

 

Kawasan Pacet banyak dijumpai obyek wisata menarik seperti wisata pemandian ubalan Mojokerto. Obyek wisata ini menyediakan tempat bermain untuk anak-anak dan juga orang dewasa. Sehingga cukup menyenangkan bila menjadi tujuan wisata keluarga. Di sini tersedia danau buatan dan kolam renang yang asyik untuk mengajak anak-anak bermain air dan berenang. Untuk menyusuri danau, sobat bisa menyewa sepeda air seharga 10 ribu rupiah yang telah disediakan.

Lokasi kawasan Pacet, Mojokerto Jarim

30. Wisata Sendi Mojokerto

 

Wisata Sendi Mojokerto menawarkan pemandangan alam yang sungguh mempesona. Banyak terdapat spot-spot yang menarik yang harus anda tengok. Lokasinya yang berada di lereng gunung welirang, sehingga membuat hawa khas gunung semakin membuat liburan anda lebih menyenangkan dan nyaman. Hawa sejuk yang menghembus ke tubuh akan memberikan kenyamanan ketika berada di sana. Selain itu, kareka tempat wisata ini masuk kawasan Pacet, jadi anda bisa menjelajah obyek wisata lain sekaligus.

Secara administratif lokasi berada di Ds. Sendi, Pacet, Mojokerto – Jawa timur.

Demikian informasi dari kami, silahkan mengunjungi beberapa tempat wisata di Mojokerto yang telah kami ulas di atas. Ingat jangan menjadikan tempat wisata tersebut sebagai tempat untuk berbuat maksiat dan jangan melakukan perusakan apapun di sana. Sekian dan terimakasih.


Advertisement
ADS3


Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top