Kampung Majapahit Mojokerto

Kampung Majapahit Mojokerto

ADS1
ADS2
Sebagaimana kita ketahui bahwa Mojokerto adalah pusat kerajaan Majapahit, sehingga tidak heran jika di Mojokerto terdapat peninggalan-peninggalan dari kerajaan itu. Konon Majapahit bukanlah kerajaan kecil, tetapi wilayah kekuasaan Majapahit hingga keluar pulau jawa. Salah satu daerah di Mojokerto yang banyak memiliki peninggalan kerajaan Majapahit adalah Kecamatan Trowulan. Di sana terdapat banyak candi dan peninggalan lainnya, bahkan banyak orang yang menyebut suatu lokasi di Troowulan ini sebagai Kampung Majapahit Mojokerto.

Dengan mengunjungi kampung ini sobat akan merasakan suasana seperti di zaman kerajaan majapahit. Trolun kabarnya menjadi pusat kerajaan majapahit. Nah untuk mengenang kerajaan ini, telah dibangun kampung seolah-olah kampung ini berada pada masa pemerintahan Majapahit. Banyak peninggalan kerajaan yang ada di Trowulan ini diantaranya adalah candi, telaga, kanal, pemukiman dan lain sebagainya.


Bukan hanya di satu lokasi saja dibangun kampong majapahit, tetapi terdapat beberapa titik di Trowulan ini dibangun kampung majapahit. Kampung ini merupakan tempat tinggal atau pemukiman penduduk yang bangunan rumahnya berderet menyerupai arsitektur pada aman kerajaan majapahit. Tidak tanggung-tanggung yang membangun dan mengembangkan perkampung majapahit ini adalah pemerintah propinsi.
Baca juga : Akar Seribu Mojokerto
Informasinya akan dibuat rumah dengan jumpah 296 yaitu rumah yang bergaya majapahit. Mungkin jumlah rumah ini akan terus bertambah. Mungkin yang menggagas dibangunnya kampung majapahit adalah Gubernur Jawa Timur yaitu Soekarwo. Mungkin Beliau sangat terinsiparasi dengan majapahit akan kemegahan dan terkenalnya kerajaan ini. Dari sini banyak biasa yang sudah disalurkan untuk pengembangan proyek ini. Kampung majapahit Mojokerto ini sudah dibangun mulai tahun 2014.

Kampung majapahit ini dikembangkan di beberapa Desa seperti Sentonorejo, Bejijong, dan jatipasar. Kalau dari ke-tiga nama tersebut. Sebagian rumah yang dibangun dengan gaja kerajaan Majapahit ini adalah renovasi dari beberapa rumah yang tadinya masih ada. Rumah kampung majapahit ini dibuat dari batu bata merah. Tumpukan batu merah dibiarkan tidak tertutup. Ini mungkin untuk menekankan suasana alami. bagian yang lain dari rumah ini yang memiliki bentuk unik adalah lengkungan diatas atap rumah. Satu lagi hiasan kupu tarung diberikan pada setiap daun pintu dan daun jendela. Kabarnya, rumah-rumah ini akan dibangun pagar khas perumahan majapahit.

Lihat juga : Candi Wringin Lawang
Kelak jika pembangunan kampung ala majapahit ini selesai, mungkin ini menjadi salah satu kreasi yang perlu dibanggakan. Suasana kuno atau klasik tentunya akan memberikan pemandangan berbeda, pasalanya zaman sekarang banyak bangunan yang mengedepankan modernisasi dan kemewahan. Berbeda dengan kampung ini yang terlihat sederhana dan kuno. Wisata ini mungkin dapat membawa setiap pengunjung bak hidup dalam masa ratusan abad yang lalu.

Nah, bagaimana menurut sobat semua, dengan dibangunnya kampong majapahit Mojokerto ini?

Lokasi kampung Majapahit

Kampung majapahit ini berada di Kecamatan Trowulan, di sana ada tiga desa yaitu Sentonorejo, Bejijong, dan jatipasar yang difokuskan menjadi titik bangungan perumahan khas majapahit.

Demikian sedikit informasi mengenai kampung Majapahit yang ada di Mojokerto, semoga bermanfaat dan selamat berkunjung.


Advertisement
ADS3


Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top