Kampung Batik Jetis Sidoarjo, Wisata Belanja Yang Harus Anda Kunjungi

Kampung Batik Jetis Sidoarjo, Wisata Belanja Yang Harus Anda Kunjungi

ADS1
ADS2
Siapa sangka Sidoarjo juga dikenal denga batiknya yang indah yang berpusat di Kampung Batik Jetis. Suasana kampung ini tidak pernah sepi pengunjung setiap hari, terlebih pada hari libur jumlah pengunjung semakin banyak. Kampung Batik Jetis ini secara administrasi berada di Ds. Lemah Putro Kecamata Sidoarjo. Jawa Timur.

Buat anda yang sedang berlibur atau sedang berada di Sidoarjo jangan lewatkan untuk pergi ke Kampung Batik Jetis, untuk mendapatkan pemandangan baru dan untuk menambah pengalaman anda. Disana sobat akan menjumpai batik khas Sidoarjo, motif dan gambar batik nya unik tentunya berbeda dengan batik-batik daerah lain seperti batik pekalongan dan daerah lainnya.

Saat berada di sana, anda akan ditawarkan dengan pemandangan kampung yang mayoritas masyarakatnya adalah pengrajin batik. Batik merupakan produk Indonesia asli yang saat ini sudah go Internasional dan diakui oleh dunia. Banyak orang asing yang tergila-gila dengan batik, tak heran jika meraka datang ke Indonesia selalu mencari batik.

Meskipun Sidoarjo dikenal sebagai kota Industri namun dipusat kota sendiri menyediakan pemandangan yang berbeda yaitu berada di Kampung Batik Jetis. Banyak sekali obyek wisata yang bisa anda kunjungi ketika berada di Sidoarjo seperti Museum Mpu Tantular dan Candi Pari.


Selain dua tempat tersebut anda boleh berkunjung ke Delta Fishing dijamin anda tidak akan menyesal berada di sana, apalagi anda adalah seorang yang hobi memancing. Kembali lagi ke Kampung Batik Jetis, kampung ini menyediakan beraneka ragam jenis batik, dimana batik-batik tersebut adalah hasil karya dari warga setempat.

Karena kampung ini merupakan tempat produksi batik, jadi anda juga akan menjumpai aktivitas warga yang kesehariannya membuat kain batik. Anda akan langsung melihat bagaimana menggambar dan membuat motif batik pada kain. Harga batik yang ditawarkan pun bervariasi, terdapat harga batik mulai dari yang murah hingga yang mahal. Nah, jika sobat ingin membeli, bisa disesuaikan dengan kekuatan kantong yang sobat miliki.

Berwisata belanja di Kampung Batik Jetis ini sangat menyenangkan terutama bagi anda penggemar batik, pasti anda betah berada di lokasi ini. Perlu anda ketahui bahwa perkembangan batik di daerah ini diawali dengan dibetuknya paguyuban batik Sidoarjo atau dikenal dengan PBS pada tanggal 16 April 2008. Tujuan dibentuk paguyuban ini adalah untuk menjaga batik jetis agar tetap aksis di pasaran.

Dengan adanya paguyuban ini sangat membantu masyarakat untuk urusan perdagangan. Sebab sebelum didirikan paguyuban warga kesulitan mendapatkan pembeli, bahkan tidak jarang warga yang banting setir mencari sumber penghasilan yang lain dan meninggalkan produksi batik jetis. Nah, berkat dari adanya paguyuban kini Kampung Batik Jetis semakin jaya.

Yang harus anda ketahui mengenai batik jetis ini adalah batik bergambar burung merak merupakan batik khas produksi Sidoarjo. Nah, bila anda henda berkunjung ke kampung ini siapkan sedikit uang untuk membeli batik tersebut.

Lokasi Kampung Batik Jetis Sidoarjo

Kampung Batik Jetis berada di pusat kota sidoarjo yakni berada di jln Diponegoro, Sidorjo. Anda dapat dengan mudah menemukan lokasi sebab jalan masuk kampung ditandai dengan gapura dengan tulisan Kampung Batik Jetis. Karena lokasinya yang ada di kota tentunya sangat mudah dijangkau baik menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Jika anda belum mengetahui atau kurang jelas, silahkan ambil smartphone anda dan buka google maps, ini akan sangat membantu.

Fasilitas di Kampung Batik Jetis Sidoarjo

Tak perlu khawatir bila anda berada disana, sebab kampung ini terdapat kamar mandi umum, mushola, parkir kendaraan dan warung serta masih banyak yang lain yang dapat anda manfaatkan.

Sebelum berangkat, silahkan anda cek perlengkapan apa saja yang harus anda bawa, jangan lupa menyiapkan kamera untuk menjepret pemandangan Kampung Batik Jetis Sidoarjo dan foto anda, kemudian bisa dishare ke social media atau yang lain untuk memperpanjang informasi mengenai Kampung Batik Jetis Sidoarjo ini.

Sekian dan terimakasih.


Advertisement
ADS3


Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top