Candi Jawi Pasuruan - Berwisata dan Mengenang Sejarah

Candi Jawi Pasuruan - Berwisata dan Mengenang Sejarah

ADS1
ADS2
Jawa Timur memang terkenal akan wisatanya yang menarik. wisata tersebut kebanyakan merupakan peninggalan kerajaan bersejarah. Peninggalan purbakala merupakan objek wisata yang sangat potensial di daerah jawa timur sehingga patut di tawarkan sebagai daerah tujuan wisata, peninggalan peningalan itu mempunyai berbagai teka teki dan keunikan, di antaranya adalah wisata Candi Jawi di Pasuruan.

Wisata candi jawi merupakan bangunan peninggalan kerajaan Hindu – Budha Singhasari yang di bangun dari abad 13, Bangunan candi ini di perkirakan sebagai tempat peribadatan, tempat pemujaan atau pradaksina, akan tetapi yang sebenarnya Candi Jawi merupakan tempat penyimpanan abu dari raja terakhir singasari yaitu raja kertanegara, hal ini di buktikan dengan adanya pintu candi yang menghadap ke timur. Di bangun di atas sebuah batur yang kokoh dan di kelilingi pagar pembatas, Wisata candi jawi ini mempunyai bentuk berkaki Siwa dan berpundak Budha, Mempunyai ukuran yang luasnya 14,25 x 9,55 meter. Sementara itu di areal candi juga terdapat bangunan kolam air dari batu bata  dengan ukuran 54 m x 3,5 meter dengan kedalaman sekitar 2 meter. Bangunan candi jawi keseluruhan berbentuk tinggi ramping mirip menyerupai candi prambanan yang ada di jawa tengah lhoo.


Struktur Bangunan Candi Jawi Pasuruan

Bangunan wisata candi jawi ini mempunyai beberapa relief yang terdapat di dinding candi jawi. Sedangkan kita juga dapat menjumpai beberapa ke unikan di wisata candi jawi ini, diantaranya terdapat perbedaan dari bahan – bahan yang di pergunakan untuk membangun candi jawi itu. Di bawah bangunan candi menggunakan bahan dari batu hitam, sementara di bagian atas bangunan candi jawi menggunakan batu putih, Secara vertikal struktur bangunan di bagian atas: kaki [ subasemen ], Badan [tubuh] candi memiliki sebuah ruangan [ kamar ], dan atap [puncak] candi. Kaki candinya menunjukan sifat bangunan agama siwa, Sedangkan puncaknya menujukkan sifat bangunan agama budha.

Di empat sisi tubuh terdapat relung-relung kosong yang dahulunya di duga berisi Arca Ardhanari, Durga, Siwa, Guru, Ganessa, Mahakala, dan Nandhiswara. Bagian puncak candi jawi berbentuk segi empat, dan terlihat makin ke atas makin kecil dan puncaknya berbentuk dagoba ( stupa ), Salah satu cirri khas bangunan beragam budaya Budha. Sementara itu ahli menduga bahwa arca “Joko Dolog” yang sekarang ada di kota Surabaya berasal dari Candi jawi ini. hal ini dapat di simpulkan bahwa ada dua periode pembangunan candi jawi ini.


Lokasi Candi Jawi Pasuruan

Lokasi Candi jawi tak terlalu jauh kok, Candi Jawi berada tidak terlalu jauh bila kita tempuh dari kota Surabaya, berjarak sekitar 45 – 50 km. Namun bila kita tempuh dari Pandaan, tepatnya dari taman Candra Wilwatikta, Candi Jawi hanya berjarak sekitar 700 meter. Candi jawi tepatnya terletak di desa Wates, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan atau tepatnya berada di antara jalan dari Kecamatan Pandaan menuju Kecamatan Prigen. Sedangkan tiket untuk masuk di kawasan Wisata Bangunan Candi Jawi ini tak perlu di pungut biaya alias Gratis. Anda hanya cukup mengeluarkan uang untuk membayar sewa kendaraan pribadi anda ( biaya Parkir ) saja. Namun bagi anda yang membawa kendaraan umum seperti bus maupun angkutan lainnya, anda malah tak perlu mengeluarkan biaya sama sekali.
Daftar Tempat Wisata Di Pasuruan Selengkapnya Silahkan Anda lihat di SINI
Sementara itu bangunan Candi yang berada di dataran dengan ketinggian sekitar 290 meter di atas permukaan laut, yang mempunyai iklim sejuk, akan membuat pengunjung merasa betah dan nyaman bila berada di sekitar Candi. Gunung Pawitra atau yang lebih di kenal dengan Gunung Penanggungan menjadi latar belakang di bagian sebelah barat laut candi, Sedangkan di sebelah selatan Candi jawi dapat kita saksikan keindahan kota Wisat Tretes dengan bangunan – bangunan penginapannya.

Profinsi jawa timur memang terkenal mempunyai berbagai wisata dan tempat bersejarah serta destinasi wisata purbakala,jadi bagi anda para wisatawan yang ingin hendak mengisi liburan anda ke jawa timur sebaiknya anda singgah terlebih dahulu ke salah satu wisata bangunan purbakala yang bersejarah ini, apalagi kalau bukan Wisata Candi Jawi. Wisata yang menjadi salah satu peninggalan candi yang bisa kita kunjungi sebagai media edukasi.

Selain terlihat dari luar nya bangunan candi yang menarik untuk di nikmati di sekitar bangunan candi jawi ini juga pemandangannya begitu menawan hati, tentunya bagi anda yang membawa keluarga maupun teman – teman yang ikut serta mengisi liburan, sekedar menikmati tempat maupun bangunan ini, anda juga bisa membawa bekal maupun makanan ringan dan membawa perlengkapan tikar. Agar tak ketinggalan bagi anda yang suka selpong tempat wisata yang satu ini bisa menjadi salah satu alternative untuk menjadikan foto anda semakin menarik, apalagi kalau bsa fto di sekitar bangunan candi Jawi ini,

Dengan mengunjungi Candi jawi kita akan mendapat tambahan pengetahuan tentang sejarah dan kebudayaan masa lampau bangsa kita ini, Akan tetapi yang terpenting adalah bagaimna kita bisa melestarikan peninggalan – peninggalan budaya masa lampau ini, agar anak cucu kita bangga menjadi bagian bangsa Indonesia.

Ok… itu tadi sedikit ulasan tentang Wisata Candi Jawi Pasuruan. Semoga tempat wisata yang satu ini dapat menjadi angan – angan anda untuk menjadi salah satu daftar liburan anda. selamat berliburrr…


Advertisement
ADS3


Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top