Wisata Danau Ranu Grati Pasuruan

Wisata Danau Ranu Grati Pasuruan

ADS1
ADS2
Danau Ranu Grati merupakan danau air tawar yang terletak di tepian tiga desa, yang Luasnya 1085 hektar, Danau ini termasuk danau vulkanik, letusan gunung berapi dengan ciri dasarnya sangat dalam.  Danaunya pun Berbentuk corong. Karena erat kaitannya dengan aktifitas vulkanik pada saat tertentu maka air di Ranu Grati banyak mengandung sedimen mineral. Dengan panorama yang lumayan elok dan air yang tenang,Danau Ranu Grati cocok bagi penyuka wisata air. Karna selain anda hanya akan menikmati pemandangan airnya, anda juga bisa menaiki Boat keliling danau atau mengayuh sepeda air.

Tak heran jika kita berada di kawasan ini cukup panas karena dekat pantai. Tapi begitu anda menaiki tangga dan menyusuri tepian Ranu Grati, anginnya semilir yang berhembus melewati permukaan dan kita dapatkan sedikit kesejukan. Danau ini begitu menarik untuk di kunjungi, selain airnya yang tampak tenang panorama pemandangannya pun sangat memanjakan mata. selain itu Ranu Grati kadang disebut juga Ranu Klindungan.Ranu yang artinya sendiri adalah danau. Di Selatan danau terdapat tebing setinggi kurang lebih 50 meter. Di sebelah Utara, dibatasi tanah tak kurang dari 2 meter  dari permukaan air. Kawasan ini termasuk kaki  Utara Kaldera Tengger.

Selain itu anda yang suka akan berwisata air mungkin Wisata Danau Ranu Grati ini cocok untuk anda bersama teman maupun keluarga untuk menghabiskan akhir pekan di kawasan ini, setelah sepekan terbebani pekerjaan, kemudian anda dapat melepaskan penat dan akan di manjakan dengan begitu banyak pemandangan dan aktifitas yang menyenangkan.


Fasilitas di Danau Ranu Grati

Fasilitas yang ada di wisata yang satu memang pada umumnya hampir sama dengan wisata – wisata edukasi yang ada di kota Pasuruan, Akan tetapi yang lebih menarik di wisata Danau Ranu Grati ialah anda dapat mengayuk menaiki Boat ataupun mengayuh sepeda air keliling danau, dan dapat merasakan sendiri air danaunya yang tenang nyaris tak berombak. Tentu saja para wisatawan tak boleh melewati batas perairan yang sudah di tentukan oleh pengelola kawasan wisata Ranu Grati tersebut ya…
Jangan lupa kunjungi juga Wisata Air Terjun Putuk Truno
Selain itu karna Danau ini adalah danau air tawar tentunya terdapat macam – macam ikan tawar yang hidup di dalamnya, seperti ikan patin, lele, ikan mujahir, dan juga ikan gurami yang sudah di budidayakan oleh pengelola wisata Danau Ranu Grati ini. eit.. ada ikan khas di Ranu Grati ini lho... Masyarakat menyebutnya Ikan Lempuk. Ikannya sangat kecil-kecil. Tak lebih besar dari Ikan Teri. Untuk mendapatkannya harus dengan cara di jala. tentunya kawasan ini sangat cocok untuk para pemancing karna anda juga dapat menghabiskan waktu wisata dan hobi memancing anda di kawasan wisata ini.

Tragedi memilukan yang pernah terjadi di Danau Ranu Grati

Gak di sangka yah…Danau yang punya air yang sangat tenang nan elok ini, dapat menenggelamkan tank amfibi yang sekitar 6-7 Tank Amfibi tersebut yang sudah mengambil ancang-acang di tepi Barat Ranu Grati untuk segera meluncur turun ke danau. Untuk melakukan latihan Rencananya seluruh Tank Amfibi akan menyeberang danau. Menurut juru kuncinya beliau sudah mengingatkan agar latihannya di batalkan akan tetapi latihan pun tetap di laksanakan.

Awalnya penyelaman tank Amfibi pun berjalan baik – baik saja, akan tetapi setelah sampai 50 meter melakukan pendaratan, tiba- tiba saja tank Amfibi ini langsung tenggelam seperti tersedot ke dalam danau beserta seluruh awaknya. Segala upaya sudah di lakukan akan tetapi hasilnya pun nihil, kabarnya tank Amfibi beserta awaknya yang tenggelam ini tak dapat di temukan. Sungguh tragis, Apa Ini mungkin erat kaitannya dengan Ranu Grati yang dari sejarahnya adalah Danau akibat Vulkanik dengan dasar yang sangat dalam berbentuk corong, sehingga barangkali tenggelam ke dalam sisa vulkanik tersebut.

Lokasi Danau Ranu Grati Pasuruan

Danau Ranu Grati berada di Desa Ranu Klindungan, Sumber Dawesari dan Kalipang kabupaten Pasuruan. Lokasi untuk menuju Wisata Ranu Grati ini terbilang cukup mudah, kalu anda memakai kendaraan pribadi dan anda berada pada Posisinya ada di selatan Jalan Raya Surabaya –Probolinggo. Di Km 64,5, belok kiri kalau dari arah Probolinggo. Tidak sampai 2 kilometer. Jalannya mulus. Setelah melewati rel kereta api, sampailah di Gapura Ranu Grati.

Baiklah itu tadi sedikit ulasan tentang Danau Ranu Grati Pasuruan semoga bermanfaat dan dapat anda kunjungi bersama keluarga maupun teman dekat anda. Selamat berwisata…


Advertisement
ADS3


Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top