Wisata Pantai Pulau Bawean Yang Menakjubkan

Wisata Pantai Pulau Bawean Yang Menakjubkan

ADS1
ADS2
Belum lama ini daftar pantai cantik yang ada di pulau Bawean mulai didengar oleh para wisatawan, walaupun toh belum seramai pantai-pantai yang sudah akrab dengan wisatawan namun keindahan pantai di pulau ini sungguh menawan hati. Kini beberapa pantai di pulau Bawean telah menambah daftar pantai cantik di bumi nusantara ini. Namun Sebelum kita membahas lebih jauh tentang wisata pantai pulau Bawean ini ada baiknya kita kenali sedikit tentang pulau Bawean.

Bawean merupakan pulau kecil yang letaknya di pulau jawa tepatnya kurang lebih 120 kilometer sebelah utara dari Gresik. Pada zaman Kolonial Belanda pulau Bawean masuk kawasan Surabaya, tapi sejak tahun 1974 hingga sekarang pulau Bawean masuk kawasan Kabupaten Gresik Jawa Timur. Penduduk pulau ini mayoritas adalah suku Bawean, mayoritas beragama Islam dan rata-rata pencaharian meraka adalah berlayar di laut sebagai nelayan. Sebagian yang lain ada yang merantau ke luar pulau seperti di pulau Jawa, Sulawesi, Kalimantan bahkan banyak pula yang ke Negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura. Sedangkan bahasa sehari-hari yang digunakan adalah Bahasa Bawean.

Walaupun Pulau Bawean ini jauh dari keramain namun menyimpan banyak panorama pantai yang menakjubkan dan tentu saja masih asli dan alami. Selain suguhan pemandangan alam yang ditemukan di pulau ini terdapat juga fauna langka yang masih ada disana. Fauna langka yang dikenal di daerah ini adalah rusa Bawean dimana untuk menjaga agar jenis hewan ini tidak punah maka dibuatlah penangkaran yang sekaligus difungsikan untuk menghibur para wisatawan yang berkunjung ke pulau tersebut.

Foto : kompas.com
Pantai apa saja yang menjadi andalan dari pulau Bawean ini? Berikut ini ulasannya.

# Wisata Pantai Pulau Bawean - Pantai Gili (Timur)

Gili Timur adalah salah satu pulau kecil yang mengelilingi pulau Bawean, pulau ini memiliki ukuran yang lebih luas dibanding dengan pulau kecil yang lain. Sedangkan pantai di Gili (Timur) ternyata memberikan pemandangan yang sangat luar biasa. Hal yang begitu menarik dari pantai ini adalah ketika menikmati sunrise dan sunset. Menikmati ikan bakar yang dibeli dari nelayan langsung sembari menikmati pemandangan sunrise maupun sunset adalah pengalaman yang sungguh menyenangkan.

# Wisata Pantai Pulau Bawean - Pantai Noko Selayar

Noko Selayar sama seperti pulau Noko namun letaknya dekat dengan Selayar Bawean, Noko Selayar juga sama dengan Noko Gili tetapi ukurannya lebih kecil. Noko Selayar merupakan hamparan pantai pasir putih yang panjang. Pantai ini selain memberikan pemandangan pasir putih yang indah juga menawarkan pemandangan bawah laut yang luar biasa. Untuk tiba di pantai ini bisa di tempuh sekitar dua puluh menit dari pulau Bawean menggunakan speed boat.

# Wisata Pantai Pulau Bawean – Tanjung Gaang

Tanjung Gaang merupakan salah satu wisata luat pulau Bawean yang tidak boleh anda lewatkan saat berkunjung kesana, Tanjung Gaang merupakan hamparan batu karang dekat pantai yang dikelilingi dengan air laut yang biru nan jernih. Disamping pemandangan yang menarik ini anda juga dapat menikmati suara deburan ombak yang dapat menenangkan jiwa anda.

# Wisata Pantai Pulau Bawean – Pantai Pulau Noko

Pulau Noko ini terletak dekat dengan pulau Gili (Timur), anda akan menemukan pemandangan pantai dengan pasir putih yang indah yang ditumbuhi dengan semak belukar. Disamping itu pemandangan bawah laut juga menjadi pelengkap dari kesempuarnaan pemandangan pantai Pulau Noko ini.

# Wisata Pantai Pulau Bawean –Pantai Mayangkara

Pantai Mayangkara ini memberikan nuansa laut biru yang lepas yang bisa anda nikmati ketika berkunjung ke pulau Bawean. Di sini pula anda akan mendapati penangkaran hewan langka yang hanya ditemukan di pulau ini yaitu penangkaran rusa bawean.

# Wisata Pantai Pulau Bawean – Pantai Kuburan Panjang

Pantai ini merupakan pantai favorit bagi remaja di sana, yang unik dari pantai ini adalah dimana terdapat dua sisi pantai yang satu berombak lebih besar dan yang satunya tenang. Di pantai ini juga terdapat kuburan panjang yang dikeramatkan oleh warga setempat.
Baca : Pantai pasir putih Situbondo dan Telaga Srangan.
Itulah selayang pandang dari beberapa wisata pantai Bawean yang bisa anda jadikan salah satu destinasi liburan anda.


Advertisement
ADS3


Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top