Telaga Sarangan, Tempat Wisata Favorit Di Magetan

Telaga Sarangan, Tempat Wisata Favorit Di Magetan

ADS1
ADS2
Telaga Sarangan | Telaga Sarangan adalaha tempat wisata yang tak kalah populer di propinsi Jawa Timur, kerap sekali tempat ini menjadi tujuan piknik bagi keluarga maupun instansi. Bahkan Telaga Sarangan ini menjadi tujuan favorit untuk acara gathering baik perusahaan swasta maupun yang berada di instransi pemerintahan. Telaga Sarangan ini juga sering disapa dengan sebutan telaga pasir, pemandangannya yang sungguh natural bersanding dengan bukit-bukit yang menyegarkan kedua mata serta hawa sejuk yang menyelimuti sekitar kawasan Telaga Sarangan ini.

Telaga Sarangan berada di kaki gunung lawu, sehingga hembusan udara sejuk khas pegunungan ini akan selalu menyegarkan tubuh saat berkunjung ke wisata favorit di Kabupaten Magetan ini. Telaga Sarangan juga merupakan danau yang terletak didataran tinggi tercatat 1200 m dpl, luas perairan Telaga Sarangan mencapai 30 ha dan kedalamnnya hingga 30 meter. Kombinasi dari nuansa danau, bukit dan gunung inilah yang menjadi daya tarik tersendiri. Pesona dan kecantikan alam yang disuguhkan oleh Telaga Sarangan ini mampu memikat setiap pengunjung yang datang ke tempat wisata andalan Kabupaten ini.


Tidak sebatas itu saja, demi kenyamanan setiap pengunjung agar tidak bosan saat berada di sana, tersedia juga wahana yang dapat dinikmati sembari menikmati pemandangan alam yang luar biasa. saat berada di tempat wisata telaga sarangan ini, sobat juga bisa melakukan beragam aktivitas menyenangkan yang mana akan menambah kesenangan saat berwisata. Aktivitas yang banyak diminati oleh pengunjung adalah naik perahu boat atau perahu sepeda. Selain itu banyak juga aktivitas lain yang bisa anda coba jika takut dengan perairan.

Telaga Sarangan
Opsi yang lain sobat dapat menunggang kuda di pinggir telaga atau naik delman menelusuri pinggir telaga. Namun yang paling menarik adalah naik boat atau naik boat sepeda untuk menelusuri dan mengarungi danau, sembari melihat indahnya pegunungan dan bukit serta ribuan pepohonan yang ada di lereng gunung lawu. Air telaga yang jernih dan segar karena berada di lereng gunung dapat sesekali anda sentuh saat berada diatas boat. Udara yang segar dan pemandangan alam yang khas pastinya akan membuat anda semakin betah berlama-lama di sana.


Saat berkunjung di area yang penuh dengan keindahan alam ini, jangan sobat lewatkan untuk mengabadikan moment spesial ini dalam bentuk foto maupun video. Berselfie dengan backgroud alam menakjubkan mungkin tidak bisa diperoleh dimana-mana, nah oleh sebab itu jangan lupa untuk bawa kamera maupun smartphone yang sudah dilengkapi dengan kamera. Sehingga setelah pulang nanti bisa sobat tunjukkan kepada keluarga maupun rekan-rekan sobat semua.

Dukungan fasilitas yang ada di Telaga Sarangan juga terbilang bagus, dimana kebutuhan saat berwisata juga bisa dipenuhi dengan baik seperti tersedianya tempat ibadah yang dapat digunakan setiap saat, dilengkapi dengan telephon umum serta tersedia juga kamar mandi dan toilet. Sobat juga dapat menikmati makanan dan minuman yang dijual dengan harga terjangkau dan bisa ditemukan dengan mudah. Menikmati hidangan makanan serta minuman sambil menatap alam yang indah mungkin bisa menjadi pengalaman yang paling indah dalam sejarah sobat.

Satu lagi yang jangan sampai sobat lewatkan adalah menikmati menu makanan special dan juga merupakan makanan khas di daerah ini yaitu sate kelinci. Sate kelinci ini juga merupakan wisata kuliner yang banyak diminati oleh banyak pengunjung yang datang ke Telaga Sarangan ini.

Akses ke Telaga Sarangan

Wisata Telaga Sarangan ini berada di kaki gunung lawu yang berlokasi di Kecamatan Plosoan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Lokasi ini terletak 16 km di sebelah barat dari kota Magetan, nah jika sobat berangkat dari kota Magetan menuju ke Telaga Sarangan diperlukan waktu   kurang lebih 25 menit untuk tiba di lokasi. Secara administratif Telaga Sarangan ini masuk wilayah Kabupaten Magetan, meskipun lokasinya lebih dekat ke Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah. Yang mana untuk ke daerah Tawangmawu Karanganyar hanya berjarak 5 kilometer sedangkan ke kota Magetan 16 kilometer.

Akomodasi wisata Telaga Sarangan

Banyak wisatawan yang datang ke Telaga Sarangan ini bersama dengan keluarga dan juga acara dari sebuah instansi. Sehingga tak jarang wisatawan tersebut butuh waktu yang lebih lama untuk berada di wisata ini. Tentunya hal ini menuntut sobat untuk menginap di sini, untungnya di sekitar Telaga Sarangan sudah banyak tersedia penginapan, motel, maupun hotel yang berada dekat dengan lokasi. Jadi sobat tak perlu memusingkan masalah penginapan, yang penting pastikan biaya penginaman sesuai dengan budget yang telah sobat anggarkan.

Cerita Rakyat Asal Muasal Telaga Sarangan

Berdasarkan cerita yang banyak beredar soal asal terjadinya Telaga Sarangan ini adalah dimulai dari dua orang kakek dan nenek yang tinggal didekat lereng gunung lawu tersebut. Mereka memakan telur yang didapat dari lereng gunung tersebut, secara tiba-tiba usai makan telur tersebut sang kakek dan nenek berubah menjadi ular naga raksasa dan merasakan gatal-gatal yang luar biasa. Saking tidak kuat menahan gatal di seluruh tubuhnya keduanya langsung menggerus-geruskan dan berguling-guling dipasir, dari gerusan kedua tubuh orang tersebut lama-kelamaan membetuk cekungan hingga memunculkan banyak mata air, sehingga terbentuklah sebuah telaga sebagai mana saat ini disebut dengan Telaga Sarangan.

Demikian sekilas tentang wisata favorit yang ada di Kabupaten Magetan Jawa Timur yaitu “Telaga Sarangan”, Semoga bisa menjadi informasi yang berguna bagi sobat semua.


Advertisement
ADS3


Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top