Monumen Kapal Selam Surabaya (MONKASEL) Baik Untuk Edukasi Si Kecil

Monumen Kapal Selam Surabaya (MONKASEL) Baik Untuk Edukasi Si Kecil

ADS1
ADS2
Jalan-jalan di kota Pahlawan ini sungguh sangat menyenangkan karena ditengah-tengah hiruk pikuknya keramaian kota nomer dua di Indonesia ini, ternyata banyak menyimpan tempat rekreasi bersejah yang sangat menarik, salah satunya adalah Monumen Kapal Selam Pasopati 410. Seperti halnya jembatan merah, monumen kapal selam ini juga memiliki cerita sejarah yang sangat berarti bagi kita semua, dimana kapal selam yang gagah ini pernah menjadi media operasi Trikora ketika mempertahankan keutuhan NKRI dari tangan penjajah.

Lokasi monumen kapal selam ini berada di tengah kota Surabaya Jawa Timur, sehingga sangat mudah sekali untuk bisa tiba di sana walaupun sobat berangkat dari arah mana saja. Monumen ini sekarang di jadikan obyek wisata bersejarah yang banyak dikunjungi oleh orang dari luar Surabaya, bila sobat sedang berada di kota ini jangan lupa sempatkan untuk berkunjung ke lokasi kapal selam tersebut. Monumen ini biasanya ramai dengan pengunjung pada saat hari libur dan musim liburan sekolah. Sebab selain menemukan pemandangan kapal selam laut yang mungkin sangat susah untuk didapat, sobat juga akan mendapatkan wawasan baru soal teknologi kapal.

Khususnya bagi si kecil tercinta, kapal selam ini juga akan menjadi tambahan ilmu yang didapat diluar kelas, mereka dapat mengenali bentuk dan berbagai bagian dari kapal selam. Sehingga mereka lebih tahu bagaimana kapal selam itu dan bagaimana cara beroperasinya. Disamping memberi pengetauan akan kapal selam kepada sang anak, sobat juga dapat memperkenalkan tentang sejarah, seperti mengenalkan bahwa kapal selam ini adalah memiliki sejarah perjuangan yang luar biasa. Selain itu, si kecil juga bisa mengetahui beberapa tokoh pahlawan sangat berjasa untuk Negara ini.

Monumen Kapal Selam Surabaya (MONKASEL)

Sebelum dibentuk monumen, kapal selam ini pernah terbakar hingga terbelah menjadi 16 bagian. Kemudian oleh PT. PAL Indonesia menggabungkan kembali potongan-potongan kapal selam tersebut hingga utuh, sehingga kapal selam yang tadinya hancur akibat kebakaran telah utuh kembali dan dibentuklah monumen kapal selam ini yang telah diresmikan oleh Laksamana TNI Arief Kushariadi selaku staff TNI Angkatan Laut. Monumen kapal selam pasopati 410 ini juga menjadi bukti betapa kuatnya satuan TNI Angkatan Laut pada saat itu untuk mempertahankan keutuhan NKRI.

Meskipun kapal selam ini terlihat garang akan tetapi bisa menjadi hiburan yang sangat menyenangkan bagi putra dan putri sobat semua. Nah, dari pada waktu liburan sekolah yang terbuang begitu saja, sebaiknya jalan-jalan dengan sikecil sembari memberikan pengetahuan atas hal-hal baru yang sangat bermanfaat untuk mereka. Jika sobat belum tahu dimana lokasi monumen kapal selam Surabaya berada, maka berikut ini alamatnya yaitu di jalan Pemuda 39 Surabaya. Letaknya tidak jauh dari hotel Sahid, Delta Plaza dan WTC. Lebih jelasnya lihat Googel Map atau Google Street View sebelum berangkat ke lokasi. Sehingga sobat tidak kesasar di tengah jalan hehe.

Perlu juga sobat ketahui bahwa monumen kapal selam Surabaya ini dibuka mulai jam 8.00 hingga pukul 10 malam, rekomendasi bila hendak kesana sebaiknya di pagi hari atau sore hari karena di Surabaya terkenal dengan suhunya yang panas. Semua pengunjung monumen ini juga dipersilahkan untuk masuk dalam kapal pasopati 410 ini. Jika diperhatikan dari luar betapa gagahnya bentuk kapal ini, begitu pun bagian dalam yang dilengkapi dengan peralatan kapal yang rumit. Ini menjadi bukti betapa besar pengorbanan para pahlawan kita, saat berada dalam kapal kondisinya yang sangat sempit dan minim oksigen mereka tetap bertahan demi mempertahankan kedaulatan Republik Indonesia.

Monumen Kapal Selam Surabaya (MONKASEL)

Menariknya lagi saat berada di monumen kapal selam Surabaya ini, sobat akan dipertontonkan dengan rekaman video dari Kapal Pasopati 410 saat beroperasi melawan penjajah. Vidoe ini berdurasi 20 menitan yang diputar pada pukul 9 pagi hingga jam 9 malam. Kapal selam ini di ciptakan pada tahun 1952 kemudian menjadi armada TNI Angkatan Laut pada tahun 1962. Sedangakan kapal selam ini berhenti beroperasi pada tahun 1989, sungguh perjalanan yang cukup lama.

Monumen Kapal Selam Surabaya (MONKASEL)

Berapa tiket masuk monumen kapal selam Surabaya ini?

Tiket masuk monumen kapal selam Surabaya ini cukup murah yaitu hanya dengan mengeluarkan uang 10 ribu rupiah sobat sudah bisa berekspolasi di Monumen kapal selam ini. Jika sobat ingin berenang maka sobat juga harus membayar lagi sebesar 8 ribu rupiah. Eloknya pemandangan monumen kapal selam ini juga didukung dengan panorama sungai kalimas yang berdekatan dengan lokasi. Bersantai menikmati pemandangan sungai sambil makan bekal makanan akan menjadi momen yang sangat indah. Sementara untuk hiburan anak-anak telah disediakanpermainan seperti  ayunan, kolam renang dan kursi putar.

Baiklah, selamat berkunjung dan semoga menemukan hari-hari yang menyenangkan bersama keluaga dan hati-hati di perjalanan.


Advertisement
ADS3


Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top