13 Tempat Wisata Di Sidoaro Paling Mantap

13 Tempat Wisata Di Sidoaro Paling Mantap

ADS1
ADS2
Sidoarjo adalah salah satu kabupaten yang berada di wilayah Jawa Timur yang batasannya sebelah timur kota Surabaya, sebelah utara kabupaten Gresik, sebelah barat kabupaten mojokerto, sebelah selatan berbatasan dengan kabupaten Pasuruan. Kalau anda sebut “SIDOARJO” mungkin dalam benak anda adalah lumpur lapindo. Ya benar lumpur lapindo yang merupakan musibah nasional tersebut terjadi di sidoarjo. Namun dengan kreasinya kini lautan lumput lapindo disulap menjadi salah satu tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Karena lokasinya yang berdekatan dengan ibu kota Jawa Timur yaitu Surabaya, menjadikan kabupaten sidoarjo berkembang dengan pesat. Selain Surabaya, Sidoarjo juga menjadi pusat roda ekonomi (pusat perdagangan dan industri). Kota Sidoarjo juga dikenal dengan kota industri, dimana pabrik-pabrik skala menengah dan besar banyak ditemukan di kota ini. Ternyata bukan hanya menjadi pusat ekonomi, Sidoarjo juga menyediakan banyak destinasi wisata yang patut untuk diacungi jempol. Dibawah ini daftar wisata di Sidoarjo yang bisa anda kujungi di hari liburan nanti.

1.    Mesum Mpu Tantular



Museum yang terletak di jalan Raya buduran kerap dikunjungi oleh wisatawan domestik. Bila anda ingin menambah wawasan sejarah maka jangan lewatkan museum ini, sebab di sana sobat akan menemukan beragam jenis peninggalan sejarah seperti diantaranya karya lukisan yang sudah berumur ratusan tahun, emas, Jenis peninggalan lainnya adalah etnografi hingga geologi dan biologi. Baca lebih lanjut tentang wisata museum mpu tantular di sini.

2.    Lumpur lapindo


Lumpur lapindo memang menyimpan rasa duka yang mendalam atas musibah semburan lumpur yang telah menelan area pemukian berhektar-hektar.  Lokasi semburan lumpur ini sekarang berbentuk seperti lautan yang indah. dengan dikelilingi tanggul yang tinggi untuk menjaga melubernya lumpur ke area yang lebih luas menjadi track untuk menikmati pemandangan lautan lumpur lapindo. Sobat bisa baca selengkapnya di sini.

3.    Pulau Sarinah Tlocor


Pulau sarinah adalah sebuah pulau yang terbentuk secara alami akibat lumpur lapindo karena terjadi sedimentasi. Lokasinya berada di desa Kedungpandan, Kec, Jabon Sidoarjo. Nuansa yang lebih indah dan hijau mampu menarik wisatawan untuk merapat ke sana. Menariknya para pengunjung bisa menyewa perahu untuk menyusuri sungai untuk menjelajah lebih dalam di pulau sarinah ini.
Jelajahi : Keindahan Pulau Sempu Malang
4.    Delta Fishing


Hobi memanjing yang anda miliki bisa anda salurkan disini, pergi rekreasi bersama dengan keluarga atau sahabat ke Delta Fishing sungguh sangat menyenangkan. Jenis ikan yang bisa anda pancing di Delta Fishing ini adalah ikan mujair, gurame dan ikan bawal. Selain kegiatan memancing anda juga dimanjakan dengan fasilitas lainnya seperti  flying fox, outbond, sepeda air, kolam renang. Nah, musim liburan depan jangan anda lupa memasukan Delta Fishing Sidoarjo ini ke dalam daftar kunjugan wisata anda.

5.    Pantai Kepiting

img : lazismupdmsidoarjo.blogspot.com
Anda ingin menikmati nuasa alami di kota yang penuh dengan hiru piku ini maka tujuannya adalah di pantai kepiting Sidoarjo. Tawaran pemandangan segar yang mengkombinasikan nuansa air dengan kehijauan hutan bakau. Lokasinya berada di Ds. Sawoan, Kec. Buduran Sidoarjo. Track menuju tempat ini anda harus melalui jalur laut karena sulit bisa melalui darat. Namun bila anda tiba disana, anda akan dibayar dengan pemandangan yang menarik yang siap menjadi background selfi. Nyanyian suara burung, heningnya air sungai dan hijaunya pepohonan terasa pas untuk merefleksi pikiran anda.
Lihat : Keindahan panorama Pantai Sendang Biru Malang
6.    Candi Pari


Peninggalan sejarah yang satu ini juga bisa anda saksikan di Desa Candi Pari, Kec. Porong Sidoarjo. Candi pari ini merupakan bukti sejarah bahwa terdapat peradapan di masa silam. Dimana candi ini dibuat pada zaman kerajaan Majapahit. Tak jauh dari candi sobat akan menemukan arca siwa mahadewa tujuh arca ganesha dan dua arca agastya. Dengan memperhatikan candi ini tentunya akan menambah wawasan anda tentang sejarah, terutama bagaimana arsitek zaman kuno dulu.

7.    Sungai Porong


Lokasi sungai ini tak jauh dari pulau Sarinah karena sungai porong berada di Ds. Tlocor, Kec. Jabon. Sungai ini terbentuk dari aktivitas sedimentasi luapan lumpur lapindo. Menarikanya dipagi hari anda akan dimanjakan dengan pemandangan matahari terbit yang begitu indah. selain berwisata di sungai porog, sobat juga dapat menyalurkan hobi memanjing.
Lihat : Daftar Tempat Wisata Di Gresik
8.    Kolam Pemancingan Sedati


Apakah anda adalah seorang yang mancing mania? Jika iya, anda tentunya penasaran dengan tempat pemancingan yang satu ini. Beragam jenis ikan bisa anda dapatkan disana mulai ikan bawal, gurame, ikan tombo (ikan mas), ikan patin dan jenis ikan lainnya. Rasakan setiap sensari dari masing-masing jenis ikan yang anda pancing di sana. Satu hal lagi yang sangat menarik adalah anda dapat memasak ikan hasil pancingan langsung di lokasi, terasa tepat sekali bila anda datang dengan kawan-kawan, atau bersama dengan keluarga.

Baca : 

9.    Kampung batik jetis


Salah satu kebanggaan bangsa kita ini adalah batik yang saat ini sudah mendunia. Setiap daerah penghasil batik memiliki ciri khas masing-masing. Seperti hal nya di kampung batik jetis Sidoarjo, motif batik khas Sidoaro ini adalah burung merak. Lokasi mudah dijangaku bila ingin berbelanja batik sekaligus ingin berwisata silahkan datang langsung ke Kampung batik jetis Sidoarjo.

10.    Monumen Sidoarjo


Di pusat kota Sidoarjo tepatnya di alun-alun sobat akan mendapatkan monumen. Alun-alun Sidoarjo bisa menjadi tujuan berwisata yang murah namun menarik, sebaiknya dan pergi ke sana pada malam hari. Sebab ketika siang matahari terik dan terasa panas. Di alun-alun ini terdapat banyak pepohonan sehingga membuat lokasi menjadi lebih teduk dan segar. Sidoarjo memiliki monumen patung udang dan bandeng, monumen ini berada di tengah alun-alun sidoarjo. Nah, bila anda datang ke alun-alun Sidoarjo, sobat akan menemukan menumen ini.

11.    Sun City WaterPark


Memanjakan anak-anak juga perlu anda lakukan, agar mereka lebih releks pada hari libur mereka. Sehingga pada hari senin semangat sekolah mereka meningkat. Anda tidak perlu khawatir untuk mengajak anak-anak bermain dan berwisata, karena di Sun City WaterPark banyak menyediakan permainan menarik untuk anak-anak. Di dalam lokasi tersebut anda bisa mengajak putra-putri untuk bermain air dan menikmati beberapa wahana yang telah disediakan disana. Permainan yang lebih menantang seperti outbound waterboom dan flying fox juga telah tersedia disana. Fasilitas pendukung lainnya adalah dilengkapi dengan panggung hiburan, life guard dan medical center.

12.    Taman Abhirama


Ruang terbuka hijau ini dapat anda jadikan destinasi wisata murah, pemandangan yang hijau akan menyejukan mata anda, atau anda bisa melakukan olah fisik di sana demi kesehatan tubuh.
Baca : 27 Taman Menarik Di Surabaya
13.    Taman Dwarakerta Porong


Taman ini juga bisa menjadi tempat nyantai yang nyaman dengan udaranya yang sejuk dan lebih teduk. Tepat untuk tempat olahraga. Gaya selfi anda juga semakin menarik dengan dukungan pemandangan taman dwarakerta porong ini.

Itulah beberapa tempat wisata yang mungkin bisa menjadi tujuan anda ketika pikiran anda sedang galau atau ingin menjari hiburan di kabupaten Sidoarjo Jawa Timur Indonesia. Terimakasih atas kunjungannya.


Advertisement
ADS3


Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top