Wisata Ranu Kumbolo, Surganya Kaki Gunung Semeru

Wisata Ranu Kumbolo, Surganya Kaki Gunung Semeru

ADS1
ADS2
Hei.. heiii… pada mau libur panjang kan yaaahh..udah pada mengunjungi tempat wisata mana aja nihh... hemm berikut ini kita punya sedikit ulasan tentang tempat wisata alam yang begituu indah barang kali bisa menjadi salah satu daftar wisata yang ingin sobat semua kunjungi. Ini nihh kita punya tempat Wisata Ranu Kumbolo Gunung Semeru, udah pada tau belum tempat wisata ini? Bagi sobat semua yang belum tau tempat wisata ini intip sedikit ulasan berikut ini yuukk..

Ranu kumbolo yaitu sebuah danau yang berada di bawah puncak mahameru di bawah kaki gunung semeru. Tempatnya pada ketinggian 2.400 meter dpl, danau Ranu kumbolo ini masih merupakan kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Jawa Timur, Danau ini begitu indahnya sehinggga bagi para pecinta alam dan pendaki gunung, wisata ini bisa menjadi salah satu daftar kunjungan anda semua. Karena danau ini merupakan transit bagi para pendaki untuk melanjutkan perjalanan untuk mendaki puncak mahameru di kaki Gunung Semeru. Sementara Gunung Semeru sendiri merupakan puncak tertinggi di pulau jawa. Di bawah naungan pemerintah lumajang danau Ranu Kumbolo ini mendapat perhatian tersendiri bagi para pengunjung khususnya bagi pecinta alam. Sobat semua pasti akan terkagum-kagum melihat keindahan  panorama alam ini.

Ada kepuasan tersendiri bagi para pengunjung yang ingin singgah di danau ranu kumbolo ini. Bagaimana tidak ketika matahari mulai terbit secara perlahan-lahan  dari dua buah bukit di sisi danau ranu kumbolo tersebut, menambah keindahan mata kita yang melihatnya, Sobat semua bisa bayangkan saat itu ciptaan yang maha kuasa ini memang indah. Apalagi di waktu sore hari di saat kabut mulai turun dengan air yang damai di danau tersebut menambah keunikan tersendiri. Dan ketika malam hari sobat semua bisa melihat indahnya kota lumajang di waktu malam hari dengan sorot lampu yang berwarna warni, hemmm benar benar indah tempat wisata danau Ranu kumbolo ini. Selain itu di sekitar danau tersebut terdapat prasasti peninggalan majapahit.

Tentunya tak sembarangan bagi sobat semua yang ingin mendaki pucak mahameru. Harus ekstra hati-hati di sekitar danau ranu kumbolo. Karena banyak terdapat cerita-cerita mistis, juga terdapat tugu peringatan bagi mereka para pendaki yang meninggal di waktu pendakian ke puncak mahameru di bawah kaki gunung semeru ini. Ada yang lebih unik lagi nihh.. sobat semua tau gak kalau di danau Ranu kumbolo ini terdapat sebuah bukit?  yang bukit itu di sebut dengan (bukit cinta). Katanya sih kalau kita mendaki dengan orang yang kita sayangi tanpa menoleh kebelakang dan sampai ke puncak bukit tersebut, Kelak kita akan bahagia selamanya dengan pasangan kita, seruuu bukan. Dan semakin tinggi kita naik kepuncaknya semakin bagus pula pemandangannya.

Kita semua bisa melakukan berbagai aktifitas seru kalau berkunjung ke danau Ranu kumbolo. Di antaranya sobat semua yang ingin mendaki ke puncak mahameru, kita bisa singgah terlebih dahulu ke danau Ranu kumbolo dengan mendirikan tenda bersama atau camping bersama di tempat ini, selain itu sobat semua yang suka foto selfi yuup gak ketinggalan tempat ini bisa menjadi salah satu alternative untuk keindahan ponsel anda. Tapi sobat semua mesti punya berbagai persiapan, yahh.. soalnya pada malam hari jika cuacanya cerah bisa mencapai minus 5 derajat. Bisa terlihat di sekeliling kawasan danau Ranu kumbolo ini, tempat sobat mendirikan tenda dan tumbuh-tumbuhan di sekitar kawasan ini tertutup kabut es. Sobat semua pasti bisa bayangin dinginnya seperti apa.

Wisata Ranu Kumbolo

Di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini sobat semua harus punya ekstra persiapan apalagi  untuk menuju ke danau Ranu kumbolo. di antaranya kita bisa pakai baju atau pakaian-pakaian yang tebal, kaos kaki, sarung tangan, serta penutup kepala dan telinga, pokoknya peralatan-peralatan yang sekiranya bisa menghangatkan tubuh, mengingat dinginnya tempat tersebut.

Wisata Ranu Kumbolo

Danau Ranu kumbolo ini punya luas area sekitar 15 hektar, Di bawah naungan pemerintah kabupaten lumajang, Jawa Timur yang terletak di pegunungan tengger keindahan danau ini patut di acungi jempol.

Akses menuju kawasan Ranu kumbolo ini lumayan sulit sebenarnya, dari terminal prolinggo atau lumajang sobat semua bisa menaiki bus dan turun di klojen, Kemudian dari Klojen anda bisa naik angkot menuju senduro setelah itu jika anda cukup lelah anda bisa menyewa jeep hardtop hingga ke desa terakhir di kaki semeru yaitu desa Ranu Pani. Di Desa Ranu Pani terdapat pos penjagaan serta pemeriksaan bagi anda semua yang ingin melakukan pendakian, untuk keamanan sobat semua kita harus melakukan administrasi terlebih dahulu agar mempermudah penyelamatan jika terjadi sesuatu saat pendakian.
Jangan lupa baca : Wisata Gunung Bromo dan Wisata Bahari Lamongan.
Gak sulit kok untuk administrasinya cukup anda menyerahkan foto copy identitas diri (KTP) 3 lembar dan surat keterangan dari dokter kalau anda dalam keadaan sehat dan mampu melakukan pendakian. Kemudian untuk mencapai danau Ranu Kumbolo, Sobat semua harus berjalan kaki sekitar 5 sampai dengan 7 jam dari pos penjagaan desa Ranu Pani, Tapi tak usah khawatir anda semua di sediakan berbagai pos atau tempat beristirahat sejenak untuk menuju danau Ranu Kumbolo. Pos tersebut diantaranya dari 1 pos hingga 4 pos peristirahatan. Jadi sobat semua gak perlu khawatir kalau merasa letih atau kelelahan anda bisa beristirahat sejenak mengingat perjalanannya yang cukup jauh, dengan menyantap bekal yang sobat semua persiapkan.

Baiklah.. itu tadi sedikit ulasan tentang danau esotik, serta keindahan dari danau Ranu Kumbolo. Semoga sedikit ulasan tersebut bisa bermanfaat untuk sobat semua, dan bisa menjadi salah satu daftar objek wisata yang ingin sobat semua kunjungi. Sekian terima kasih.


Advertisement
ADS3


Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top