Pantai Pasir Putih Situbondo Tujuan Wisata Jawa Timur

Pantai Pasir Putih Situbondo Tujuan Wisata Jawa Timur

ADS1
ADS2
Pantai Pasir Putih Situbondo – Pantai pasir putih ini ternyata menjadi destinasi wisata yang terkenal di Propinsi Jawa Timur. Pesona laut dengan ombak yang tenang dan menawarkan pemandangan bawah laut yang indah dipenuhi dengan beragam ikan laut dan terumbu karang bisa sobat temui di pantai pasir putih Situbondo ini. Uniknya dari pantai ini adalah bentukknya yang melengkung ke arah laut menghadap selat madura. Pantai ini memiliki ombak yang lebih tanang sehingga sangat nyaman untuk melakukan aktivitas renang dan menyelam.

Bagi sobat yang tidak bisa berenang tidak perlu cemas, sebab tersedia penyewaan ban pelapung yang dapat membantu anda untuk berenang dilaut biru yang tenang ini. Pantai pasir putih Situbondo juga menawarkan pemandangan hutan di sisi tepi yang dipenuhi dengan pohon cemara, kelapa dan pohon jati. Sehingga hutan hijau ini akan menyejukkan pandangan mata, serta manambah kenyamanan saat berkunjung ke Pantai pasir putih Situbondo karena udaranya yang sejuk.

Tak hanya itu, hutan disekitar pantai pasir putih Situbondo ini juga menyuguhkan pemandangan satwa yang menyenangkan dan lucu salah satunya adalah kera hitam. Saat memasuki kawasan pantai ini biasanya sobat akan disambut dengan kera hitam ini yang sering meminta makanan pada setiap pengunjung. Nah, buat sobat yang hendak ke Pantai pasir putih Situbondo jangan lupa untuk membawa jajan atau buah buat hewan-hewan tersebut. Satwa lain yang sobat bisa temukan disana adalah benyak jenis burung yang hidup liar disana. Yang mana nyanyian burung-burung itu akan menambah ketenangan saat berada di pantai pasir putih Situbondo ini.

Pantai pasir putih Situbondo ini terletak di Dusun Kembangsambi Desa Pasir Putih Kecamatan Bungatan Kabupaten Situbondo Jawa Timur. Kombinasi pemandangan pantai dan hutan inilah yang menjadikan pantai pasir putih Situbondo lebih unik dibanding dengan pantai-pantai yang lain di Indonesia. Lokasi wisata pantai pasir putih Situbondo terbilang strategis yaitu sebagai lewatan untuk menuju ke pulau Bali jika berangkat dari Surabaya. Disisi lain jika berangkat dari Banyuwangi mau ke wisata gunung bromo juga melewati pantai pasir putih ini.

Keberadaan pantai pasir putih Situbondo ini sangat menguntungkan bagi sobat yang menempuh perjalanan tersebut dan ingin melepas lelah sejenak. Sembari istirahat juga disuguhkan dengan wisata pantai pasir putih yang menawan hati dan udaranya yang sejuk membuat tubuh lebih nyaman saat istirahat. Karena itulah pengunjung pantai pasir putih Situbondo ini tidak ada habisnya, terlebih saat menjelang musim liburan sekolah selalu mendongkrak statistik jumlah pengunjung. Pantai pasir putih Situbondo menjadi tujuan wisata laut yang banyak disukai oleh wisatawan domestik bahkan wisatawan asing.

Pantai Pasir Putih Situbondo

Hal yang sangat menarik saat berkunjung ke pantai pasir putih Situbondo adalah sobat akan mendapatkan pengalaman petualang bawah laut yang sangat menakjubkan. Diperkuat dengan ombak yang begitu pelan dan air laut yang jernih pesona bawah laut semakin terlihat jelas dipenuhi dengan jenis-jenis ikan laut yang cantik dan terumbu karang yang indah. Saat mengunjungi pantai pasir putih Situbondo, sobat dapat melakukan beragam aktivitas menyenangkan seperti memancing, naik perahu layar, diving (menyelam), berenang di air laut yang tenang, berkano, dan cross ATV.

Ada banyak aktivitas yang dapat dilakukan di kawasan wisata pantai pasir putih Situbondo, mulai dari berenang, berkano, berlayar, memancing, cross ATV, hingga menyelam (snorkel). Namun kebanyakan dari pengunjung baik orang dewasa maupun anak-anak lebih menyukai berenang di laut. Dan yang belum bisa berenang bisa menggunakan bantuan ban pelapung yang banyak disewakan disekitar pantai pasir putih Situbondo ini.

Pantai Pasir Putih Situbondo

Asyiknya lagi sobat dapat bereksplorasi pantai ini dengan naik perahu layar, sembari menyusuri pantai ini juga akan disuguhkan pemandangan bawah laut yang menyenangkan. Sebab setiap perahu layar yang ada di pantai pasir putih Situbondo dipasang kaca pada bagian bawah sehingga dapat melihat jernihnya air dasar laut, pemandangan bawah laut dengan beragam jenis ikan serta terumbu karang dapat terlihat lebih nyata dan jelas dan pastinya akan memikat hati sobat semua. Itulah hal yang paling menarik saat berkunjung ke pantai pasir putih Situbondo ini.

Jika sobat kurang menyukai berlayar dan berenang dilaut sobat dapat menikmati nuansa hutan hijau yang segar sembari menikmati minuman atau makanan yang dijual disekitar pantai ini. Jika sobat berkunjung di bulan Oktober biasanya akan menyaksikan acara adat masyarakat setempat yaitu “Upacara Petik Laut”. Upacara ini di selenggarakan sebagai ungkapan syukur sekaligus permohonan kepada Tuhan Yang Maha Esa agar diberikan hasil laut yang lebih melimpah. Pada acara tersebut juga sering diadakan beragam lomba seperti memancing, berselancar dilaut dan balap perahu. Juga mengadakan konser dan menggelar musik-musik tradisional daerah setempat.

Pantai pasir putih Situbondo juga menyediakan fasilitas umum yang sobat butuhkan seperti MCK dan Mushola, serta sobat juga akan menemukan bangku-bangku beton disekitar pantai yang dapat digunakan untuk duduk-duduk santai untuk menyantap bekal makanan sembari menikmati pemandangan laut yang menyenangkan. Sebagai kenang-kenangan berkunjung di pantai pasir putih Situbondo ini, sobat dapat membeli souvenir yang banyak dijajakan disekitar pantai ini.

[Pantai pasir putih lainnya : Pantai Pasir Putih Delegan Gresik]

Melihat kondisi air laut yang cukup tenang, aktivitas menarik lainnya yang dapat dilakukan adalah menyelam. Kabarnya bawah laut ini terdapat terumbu karang hingga radius 4 kilometer, pemandangan bawah laut dapat di eksplorasi maksimal dengan menyelam, apalagi laut ini adalah laut yang tenang dan berpasir putih. Saat menyelam sobat dapat menjelajahi 3 gugus terumbu karang yang ada di sana yakni watu lawang, teluk pelita, dan karang mayit ketiga gugusan ini letaknya dekat dengan tepi. Sebenarnya masih ada 2 gugus terumbu karang yang lain, tetapi tempatnya agak jauh dari tepi laut.

2 gugus terumbu karang yang lain ini berada agak jauh dari tepi laut yaitu gugus terumbu karang takat palapa dan kembangsambi. Untuk ketiga gugus terumbu karang yang pertama pemandangan bawah laut didominasi dengan spons, aneka koral dengan warna yang berbeda-beda dan hewan laut. Sementara untuk dua gugus lainnya yang berada agak jauh dari tepi dan untuk menuju kesana diperlukan kendaraan laut, bisa menggunakan perahu motor dan membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam. Pemandangan bawah laut di dua gugus terumbu ini lebih menyenangkan seperti terlihat siput laut dan jenis ikan yang lebih menarik dan terkadang sobat akan menjumpai penyu sisik.

Pantai Pasir Putih Situbondo

Selain wisatawan yang datang ke pantai pasir putih Situbondo untuk rekreasi, juga sering dijadikan ajang penelitian, misalnya meneliti dan menanm terumbu karang. Yang pasti jika Sobat berkunjung ke pantai ini dijamin tidak akan menyesal. Karena hanya dengan membayar tiket sebesar 6000 per orang, sobat sudah mendapatkan suguhan pemandangan pantai, hutan hijau dan satwa alam terutama biota di dalam laut yang sangat mempesona.

Bila rumah atau tempat tinggal anda jauh dari lokasi, sobat dapat menginap baik di hotel, motel maupun penginapan banyak tersedia di sana. Akses menuju pantai pasir putih Situbondo cukup mudah baik dari Kota Surabaya maupun dari kota lainnya, bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Demikian sekilas tentang wisata pantai pasir putih Situbondo, semog bisa menjadi tujuan wisata terbaik untuk pekan depat. Sekian dan semoga mendapatkan hari-hari yang menyenangkan.


Advertisement
ADS3


Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top