Agro Tawon (Wisata Petik Madu) Berwisata Sambil Belajar

Agro Tawon (Wisata Petik Madu) Berwisata Sambil Belajar

ADS1
ADS2
Mungkin selama ini sobat hanya melihat madu yang sudah dikemas rapi dalam botolnya, pasti anda penasaran bukan? Dari mana asal usulnya madu dan bagaimana cara memperolehnya. Madu sejak dulu dipercaya khasiatnya, maka tidaklah kaget manakala madu dari dulu hingga sekarang banyak dicari oleh banyak orang, terutama madu asli alias murni. Nah, bagaimana jika ditawarkan dengan berlibut atau berwisata sembari disuguhkan dengan pemandangan sekaligus belajar cara petik madu dari sarang lebah bahkan sobat juga bisa belajar bagaimana budi daya tawon madu.

Untuk menikmati hari libur anda atau liburan sekolah panjang, sangat disayangkan bila dilewatkan bergitu saja. Jika belum memiliki rencana pada akhir pekan depan atau musim liburan depan, anda bisa berkunjung ke Agro wisata Tawon di Malang Jawa Timur. Wisata ini sangat tepat jika dikunjungi besama keluarga termasuk mengajak anak-anak. Sembari berwisata, sobat juga akan mendapatkan nilai edukasi yang sangat sangat penting mengenai lebah madu. Anak-anak akan tahu bagaimana bentuk budidaya sarang lebah dan bagaimana cara memanen madu yang sudah siap untuk dipetik.

Malang dikenal sebagai daerah pegunungan yang berhawa sejuk dan udaranya yang segar. Pastinya hawa seperti ini tidak bisa anda peroleh disembarang tempat, apalagi ditengah hiru pikuknya kota metropolitan. Dengan berkunjung atau rekreasi bersama keluarga ditempat berbeda seperti ini akan memberikan kesan yang berbeda dan menyenangkan. Nah, bagaimana di kasawasan sekitar wisata agro tawon petik madu ini?


Saat anda mulai memasuki kawasan agro tawon, sebagaimana dengan namanya daerah ini banyak sekali kotakan-kotakan yang merupakan sarang tawon. Setiap kotak tawon dihuni oleh ratusan lebah. Bukan hanya itu, pesona keindahan agro tawon ini juga meliputi taman yang indah yang berisi beragam bungan cantik seperti anggrek, tanaman lain yang membuat suasana semakin alami dan dijumpai di agro tawon yaitu randu, klengkeng, sengon, kayu putih, jojoba dan masih banyak yang lain.

Tanaman-tanaman tersebut menjadi beberapa tanaman yang menghasilkan bunga yang nantinya akan diserap oleh lebah. Ketika berada di agro tawon, tetunya suara desing tawon tidak pernah sepi. Sobat dapat mengamati kotakan-kotakan tersebut yang memang diperuntukkan sebagai sarang lebah untuk menghasilkan madu murni. Tidak sebatas mengelilingi tempat ini saja, namun sobat juga bisa mendapatkan pelajaran bagaimana cara budi daya lebah untuk menghasilkan madu, yaitu sobat harus bertanya langsung kepada peternak lebah ini.


Anda bisa menanyakan semua cara melestarikan ternak lebah yang ada di agro tawon ini. Beberapa yang mungkin bisa anda tanyakan saat berada di sana adalah bagaimana cara hidup lebah, bagaimanapun juga lebah merupakan produsen lebah paling utama. Nah, jika memahami cara hidup lebah ini penting agar lebih lebih krasan tinggal di sarang-sarang buatas tersebut. Selain itu, lebah dan bunga yang dihisap konon berpengruh pada kualitas madu yang dihasilkan.

Anda juga dapat meminta penjelasan cara ternah lebah secara detail kepada petugas di sana, kemudian tanyakan bagaimana cara memanennya. Nah, dengan mengunjungi lokasi ini, kemungkinan besar sobat akan menyaksikan bagaimana caranya memanen madu lanngsung dari sarang lebah.

Tawon atau lebah juga terdapat berbagai jenis, jenis lebah akan mempengaruhi kualitas madu yang dihasilkan. Nah, dalam owisata argo tawon ini membudidayakan 3 jenis lebah untuk menghasilkan madu. Ke tiga jenis lebah tersebut diantaranya adalah Apis cerana, Apis mellifira, trigona. Menurut peternak madu, lebah yang paling unggul untuk menghasilkan madu berkualitas baik adalah jenis Apis mellifera, imbuhnya lebah ini asal usulnya dari Australia, selain unggul lebah ini juga lebih jinak.

Jenis tawon lokas yang dibudidayakan di dalam wisata agro tawon ini adalah Apis cerana. Jenis tawon ini sering dijumpai disekitar anda, biasanya mereka menghinggapi bunga-bunga di sekitar kita pula, kalau kita mau mengamati. Meskipun madu ini lebih galak, namun tetap dalam kategori aman (tidak berbahaya). Kemudian tawon jenis Trigona bentuknya lebih kecil dan katanya tidak menyengat. Lebah juga dikenal sebagai penghasil jenis lain yang dikenal baik oleh banyak orang diataranya adalah propolis (obat herbal), selain itu lebah juga menghasilkan bee pollen, royal jelly.
Kunjungi juga Wisata Alam Pulau Sempu Malang
Saat sobat disana, jangan lewatkan pengalaman untuk ikut memetik madu dari sarang lebah. Jangan khawatir, sobat pastinya akan diberitahu bagaimana cara memetik madu yang aman. Jangan lupa abadikan kesempatan ini dalam bentuk gambar maupun video, so jangan sampai tidak membawa kamera, lebih-lebih menggunakan kamera dengan kualitas bagus agar gambar yang dihasilkan lebih jernih dan siap untuk dipajang di akun media social sobat.

Banyak pengunjung yang mencoba untuk memanen madu, mereka membiarkan ratusan lebah hingga ditangan mereka hingga menutupi kulit, tidak menyengatkah? Tak perlu khawatir, sebab pemandu akan memberitahu cara yang paling tepat soal ini, kerena mereka sangat berpengalaman.

Jangan lewatkan untuk membeli oleh-oleh dari olahan madu

Sangat disayangkan jika sobat berwisata di agro tawon tidak membawa pulang produk hasil olahan madu yang dijajakan di sekitar lokasi. Beberapa produk olahan madu yang dijual disana diantaranya seperti es madu, jus madu dan jambu, sarang lebah, ada juga yang menjual menu makanan yang berasal dari lebah muda seperti pepes lebah dan osek. Penasaran? Coba untuk mencicipi rasanya.

Di sisi lain, untuk anda yang mau terapi lebah juga bisa anda lekakukan disana yaitu dengan sengatan lebah. Sengatan lebah ini mengandung zat yang bermanfaat untuk merangsang kelenjar jantung, zat ini dinamakan dengan avitoksin. Selain itu, terapai sengatan lebah ini juga untuk mencegah penyakit tumor.

Fasilitas Wisata Agro Tawon

Lokasi wisata agro tawon Malang Jawa Timur ini dilengkapi dengan beberapa fasilitas yang dibutuhkan oleh setiap pengunjung yang datang. Diantara fasilitas yang telah disediakan disana adalah tempat parkir yang cukup luas, MCK, rumah makan dan ada juga outbond. Sementara bagi pengunjung yang ingin menginap di sini tak usah khawatir karena di agro tawon terdapat Airy rooms yang siap untuk digunakan. Setiap kamar dilengkapi dengan peralata standar diantaranya televisi, tempat tidur, kamar ber AC, air minum gratis, Wi-Fi, perlengkapan untuk mandi dan tersedia air hangat.

Lokasi Wisata Agro Tawon

Lokasi agro tawon (tempat wisata petik madu) ini berada tidak berada pegunungan atau hutan. Lokasinya adalah Jalan Dr. Wahidin 8, Lawang Malang, dipinggir jalan yang merupakan jalur antara Malang – Surabaya. Nah, karena lokasinya berada tidak jauh dari jalan raya Surabaya – Malang, ketika sobat berangkat dari Surabaya, anda bisa perhatikan di belah kanan jalan. Jika anda dapati tulisan nama wisata agro tawon ini belok kanan. Memasuki wisata ini gratis tidak ada tiket masuk, sementara jam buka wisata petik madu ini adalah jam 8 pagi hingga jam 3 sore, buka setiap hari.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai wisata petik madu (agro tawon) semoga bisa menjadi tujuan wisata yang akan anda kunjungi, semoga bermanfaat dan hati hati di jalan.


Advertisement
ADS3


Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top