Wisata Pulau Sempu, Panorama Dan Petualang Yang Sungguh Mengesankan

Wisata Pulau Sempu, Panorama Dan Petualang Yang Sungguh Mengesankan

ADS1
ADS2
Wisata Pulau Sempu | Pemandangan surga alam pulau sempu ini menawarkan parorama alam yang sangat memikat hati bagi setiap pengunjung yang datang ke lokasi ini. Pesona dan daya tarik dari wisata yang satu ini adalah sebuah danau yang terdapat di tengah-tengah pulau yang hijau karena dikelilingi dengan rimbunnya pepohonan danau ini disebut dengan Laguna Segara Anakan. Danau tersebut terbentuk secara alami yaitu dari hempasan air laut selatan yang masuk melewati cela pulau tebing yang menghadap ke laut lama kelamaan terbentuklah Laguna Segara Anakan. Pesona alam yang didukung dengan pemandangan pasir yang mengelilingi danau serta jernihnya air laut akan menjadikan wisata ini memiliki daya tarik tersendiri yang patut ditakjubi.

Wisata pulau sempu ini telah menjadi salah satu obyek wisata favorit di Kabupaten Malang, keindahan tempat wisata ini ternyata juga mampu memikat wisatawan dari berbagai daerah diluar Malang. Danau di pulau sempu ini sebenarnya air laut yang masuk ke dalam sebuah pulau sehingga banyak yang menyebutnya sebuah danau atau disebut dengan Laguna Segara Anakan, yang menjadi pembatas dengan laut adalah gugusan batu karang. Bibir pantai menawarkan pemandangan pasir putih seluas 4 hektar yang sangat tepat untuk digunakan aktivitas liburan.

Disekitar pulau ini banyak terdapat tumbuhan tropis kurang lebih seluas 877 hektar, sehingga menjadikan nuansa alam ini semakin segar dan menyejukkan. Menariknya lagi kawasan ini merupakan kawasan yang dilindungi dan dikolola oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Timur yang menyebabkan keutuhan dari tempat ini tetap terjaga. Dan hasilnya bisa dilihat akan kebersihan tempat ini. Jika sobat berkunjung ke wisata pulau sempu Malang ini, tentunya akan mendapatkan pengalaman yang sangat menarik, dimana sobat dapat melakukan banyak aktivitas seperti berenang, main di pasir putih, main sepak bola, main bola voli, mendirikan tenda, bersantai diatas pasir putih semabari menikmati bekal makanan dengan suguhan pemandangan alam yang menakjubkan, bahkan sobat akan berpetualang untuk menuju lokasi, pokoknya asyiik dech hehe..

Pemandangan Wisata Pulau Sempu

Berpetualang untuk tiba di Pulau Sempu

Ya.. mungkin perjalanan untuk menuju pulau sempu ini bisa dikatakan sebuah petualangan, sebab untuk tiba di Laguna Segara Anakan tidaklah mudah, sobat harus melewati track alam yang cukup melelahkan. Tetapi kelelahan yang sobat rasakan pasti akan terbayar dengan parorama yang ada di sana. Untuk menuju ke lokasi sobat berangkat dari pantai sendang biru dan melewati selat kecil yang memisahkan pulau, kemudian dilanjutkan dengan menuju ke teluk semut yang sudah berada di pulau sempu. Untuk tiba dilokasi sobat harus berjalan kaki menelusuri hutan, jalan yang naik turun selama kurang lebih 3 jam untuk tiba di lokasi danau atau Laguna Segara Anakan.

Hal yang perlu anda ketahui adalah di wisata pulau sempu ini tidak ada penginapan maupun hotel untuk menginap dan istirahat. Jadi jika sobat ingin menginap harus membawa tenda dan perbekalan makanan dan minuman yang cukup. Karena dipulau sempu ini juga tidak ada yang menjual makanan maupun minuman. Sekali lagi, semua harus anda persiapkan sebelum berangkat ke sana termasuk makanan dan tenda jika hendak menginap. Namun tahukan sobat, mendirikan tenda di sana sungguh sangat menyenangkan.

Sebagaimana yang saya katakan sebelumnya, kelelahan sobat akan terbayar semua ketika tiba di lokasi Laguna Segara Anakan ini. Sebab selain sobat dimanjakan dengan Laguna Segara Anakan yang mirip danau ini, sobat juga dapat berkunjung ke beberapa tempat menarik seperti telaga lele, pantai waru-waru, patai pasir panjang, tiger cave, pantai fresh water dan pantai pasir kembang yang kesemuanya memiliki panorama yang sangat menarik dan memikat hati.

Perhatian, saat hendak berkemah dan memasuki kawasan pulau sempu ini sobat harus mendaftar terlebih dahulu di pos cagar alam di Pantai Sendang Biru. Mengingat lokasi ini merupakan kawasan yang dilindungi. Sehingga sobat saat berkunjung ke sana jangan melakukan hal-hal yang melanggar ketentuan-ketentuan yang berkalu. Satu hal lagi jika ingin mendaftar lebih mudah, silahkan datangi kantor Resort Konservasi Wilayah Pulau Sempu yang berada di kawasan Pantai Sendang Biru. Jika sudah membawa surat izin tersebut, sobat bisa menuju obyek wisata dengan menggunakan perahu sewa milik nelayan. Tetapi sebelum berangkat sobat dapat menanyakan mengenai apa saja yang harus dilakukan disana serta tempat-tempat mana saja yang menjadi destinasi favorit, satu hal lagi ini merupakan kawasan cagar budaya yang dilindungi.

Pulau Sempu

Lokasi Pulau Sempu

Pulau sempu masuk dalam kawasan Desa Tambak Rejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan Kabupaten Malang Jawa Timur. Sebelum ke destinasi sobat harus datang ke sendang biru untuk mengurus birokrasi perizinan dan sebagainya, baru bisa langsung menutu ke TKP. Semetara alamat pantai sendang biru ini adalah di Jalan Raya Sendang Biru Ringin, Pondok Dadap Malang.
 Baca wisata menarik lainnya : Keindahan Ranu Kumbolo dan Goa Maharani yang unik

Rute menuru Pulau Sempu

Pulau Sempu ini berjarak kurang lebih 80 kilometer dari kota malang ke arah selatan dan membutuhkan waktu 2,5 jam untuk tiba di sana. Jika jarak pulau sempu dari kota Surabaya kurang lebih 180 kilometer. Untuk tiba di pulau sempu sobat dapat naik perahu nelayan biayanya kurang lebih 100 rubu rupiah pulang pergi. Disarankan agar saat kembali sobat bisa bertemu dengan nelayan tersebut dengan mudah. Maka jangan lupa untuk menentukan lokasi bertemu dan tukar nomor handphone agar mudah mengubungi satu sama lain.

Demikian sekilas mengenai wisata alam Pulau Sempu Malang ini, semoga bisa menjadi informasi penting bagi sobat yang ingin berkunjung ke sana. Sekian dan semoga menemukan hari-hari yang menyenangkan.


Advertisement
ADS3


Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top