Pantai Plengkung Banyuwangi (G-Land) Tempat Terbaik Bagi Para Peselancar Dunia

Pantai Plengkung Banyuwangi (G-Land) Tempat Terbaik Bagi Para Peselancar Dunia

ADS1
ADS2
Pantai Plengkung (G-Land), Selamat malam sobat petualang... beragam obyek wisata menarik telah kita ulas sebelumnya. Untuk kali ini kami akan membahas salah satu obyek wisata terkenal di wilayah Banyuwangi Jawa Timur, yaitu pantai plengkung atau dikenal dengan istilah G-Land. Pantai ini cukup terkenal di kalangan pecinta olahraga surfing atau berselancar bukan hanya peselancar dalam negeri saja yang mengagumi obyek wisata ini, namun surfer dunia pun mengakui dan menganggap tempat ini sebagai surga untuk melakukan aktivitas tersebut. Nah bagaimana bisa pantai ini dikenal hingga ke mancanegara? Yuk kita baca ulasannya berikut ini.

Pantai plengkung Banyuwangi ternyata memiliki ombak laut yang cukup besar dan tinggi, bukan hanya itu saja ombak yang tinggi dan besar tersebut datang secara konsisten, hal inilah yang paling disukai oleh para peselancar. Bahkan telah diakui pantai ini merupakan spot surfing yang paling menarik dan terbaik di kawasan Asia Tenggara. Tidak sebatas itu saja, ombak yang dimiliki pantai ini juga merupakan ombak terbaik ke 7 dunia. Ombak laut yang besar dan tinggi tersebut diakibatkan oleh arus antartika yang dibawa oleh lautan hindia dan membentuk ombah besar dan menggulung. Tercatat ketinggian ombah mampu mencapai ketinggian 4 hingga 8 m. Inilah yang menjadi penasaran bagi para peselancar untuk menjajalnya.

Bagi sobat yang kebetulan punya hobi berselancar dan ingin berlatih, maka pantai ini patut untuk dicoba. Berdasarkan besaran ombak laut di pantai ini maka jenis ombak pun dibagi menjadi beberapa klasifikasi yaitu yang pertama ombak kong waves. Ombak kong waves memiliki ketinggian 6 dampai 8 meter, jenis ombak ini sangat tepat sekali untuk peselancar yang sudah mahir. Selanjutnya adalah jenis ombak speedis waves, ombah ini memiliki ketinggan antara 5 sampai 6 meter. Yang ketiga adalah jenis ombak many track waves, ombak yang hanya memiliki ketinggian antara 3 hingga 4 meter. Nah untuk para pemula yang sedang belajar surfing makan tingkatan yang ketiga many track waves adalah tempat yang terbaik.

Ombak laut pantai besar dan tinggi serta sangat baik untuk aktivitas selancar hanya dapat dijumpai di beberapa pantai saja di dunia, nah salah satunya adalah pantai plengkung. Pantai plengkung ini juga pernah menjadi ajang competisi selancar tingkat dunia lho. Yaitu pada acara international quicksilver pro surfing championship di tahun 90’an. Sementara ajang kompetisi Da Hui Pro surfing world championship III juga dilaksanakan di pantai plengkung banyuwangi ini yaitu pada tahun 2003. Dari acara lomba selancar tersebut, akhirnya pantai plengkung banyuwangi lebih dikenal luas oleh peselancar dunia baik yang masih pemula maupun yang sudah profesional.

Pantai plengkung memiliki ombak yang besar sebab lokasinya langsung menghadap ke lautan hindia, yang merupakan laut lepas yang dikenal memiliki ombak cukup besar. Ombak yang besar dan menggulung menjadi magnet para peselancar untuk mencobanya. Keindahan akan lautan ini yang dihiasi dengan ombak besar pasti akan membuat rasa kagum selalu menghampiri para pecinta selayar mancanegara. Sebab itulah banyak turis asing yang datang ke pantai laut Banyuwangi ini, bahkan pantai ini lebih dikenal diluar negeri ketimbang dalam negeri.
Para turis asing yang berkunjung ke pantai plengkung banyak berasal dari Amerika, Australia dan Brazil, kebanyak dari mereka mengagumi akan keindahan ombak pantai ini. Seiring berjalannya waktu, pantai plengkung memunculkan nama tersendiri yaitu G-Land alias Pantai Plengkung. Bahkan diluaran sana para bule mengenal pantai ini dengan sebutan G-Land. Nama tersebut memiliki banyak penafsiran-penafsiran.

Diantaranya, bentuk pantai plengkung menyerupai huruf “G” yang melengkung ke arah laut, ada juga yang mengartikan huruf “G” karena mengadopsi kata Grajakan yang merupakan nama sebuah teluk. Juga ada yang mengartikan “G” adalah green, hal ini karena pantai ini dikelilingi dengan hutan tropis yang rimbun dan hijau yang selalu menyegarkan mata memandang ketika berada dipantai ini. Kehijauan di sekeliling pantai inilah yang memunculkan istilah Green dari huruf G pada sebutan pantai ini. ada juga yang mengatakan “G” adalah Great karena pantai yang memiliki ombak yang luar biasa.

Sementara bagi masyarakat setempat yang menamai pantai ini dengan sebutan plengkung adalah karena bentuk pantainya yang memang melengkung yaitu seperti huruf “G”. Karena bentuknya yang melengkung inilah yang menjadikan ombak laut begitu besar dan tinggi yang berdatangan secara konsisten. Ombak yang besar dan tinggi inilah yang menjadi daya tarik bagi para peselancar. Untuk sobat yang suka dengan aktivitas selancar, maka silahkan untuk mendapatkan tantangan baru yang lebih ekstrim di pantai plengkung ini.

Namun, bukan berarti pantai ini hanya untuk para surfer saja, buat sobat yang tidak memiliki hobi surfing silahkan berkunjung dipantai ini. Sebab, selain mempersembahkan gulungan ombak yang tinggi dan besar, pantai pengkung ini juga menyediakan pemandangan alam yang sangat menakjubkan. Dimana pantai yang bentuknya melengkung dan dikelilingi dengan hutan tropis yang hijau pastinya menjadi daya tarik bagi para pengunjung. Sementara itu, sobat juga akan dimanjakan oleh aksi surfer profesional yang sangat spektakuler. Untuk menjelajah laut sobat bisa menyewa sebuah perahu yang disediakan disana.

Sambil menelusuri pantai hingga ketengah laut dengan perahu, sobat akan melihat para peselancar dengan jarak yang lebih dekat dan terlihat sangat menarik. Nah, untuk itu jangan sobat lewatkan untuk mengabadikan moment seperti ini baik dalam bentuk foto maupun video. Dan sobat juga bisa memamerkan hasil selfi ditengah laut dengan background laut biru dan surfer yang bagus di akun social media. Setelah itu tunggu komentar dan tanggapan dari teman-teman sobat semua yang ada di jaringan social media tersebut.

Tak cukup itu saja, jika sobat ingin melihat pemandangan pantai plengkung (G-Land) ini lebih luas lagi dan dari ketinggian, sobat bisa naik menara yang telah disediakan oleh pengelola tempat wisata ini. Dari atas menara tersebut sobat bisa memandangi sekitar pantai, saat tersebut mungkin bisa menjadi tempat yang sangat bagus untuk berselfie ria bersama dengan teman-teman atau pasangan sobat. Dari atas menara tersebut sobat juga bisa menyaksikan pemandangan sunrise (matahari terbit) yang luar biasa.


Bukan hanya pemandangan eksotis pantai plengkung saja yang sobat bisa nikmati ketika berada di sana, namun sobat juga akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang tak kalah menarik yaitu Taman nasional Alas Purwo. Sobat dapat menyaksikan beragam habiat yang terdapat di taman tersebut sembari bermain di pantai berpasir putih dan karang bebatuan. Keindahan alam yang sungguh menawan ini tentunya akan menjadikan sobat semakin betah berlama-lama disana.

Saat berkunjung ke pantai plengkung ini, sobat juga dapat melakukan beragam aktivitas menarik yang disukai. Diantaranya sobat bisa berselancar ria, bersepeda menyusuri Taman nasional Alas Purwo, berjalan santai di situ juga bisa jika sobat kuat, menyelam, caving, melihat penangkaran penyu dan bersantai di pantai berpasir putih sambil menikmati pemandangan laut yang menakjubkan. Satu hal lagi yang sangat menarik dari pantai ini adalah sobat dapat menikmati pemandangan sunset yang begitu indah.


Perlu juga sobat ketahui, bahwa ombak besar dan tinggi mungkin tidak bisa dijumpai di bulan-bulan tertentu. Ombak besar biasanya hadir pada bulan April sampai dengan Oktober, jadi jika sobat ingin menikmati pemandangan ombak tersebut silahkan berkunjung di bulan-bulan tersebut terutama pada bulan Agustus. Jika ombak yang datang kecil sobat juga tidak bisa melihat para surfer disana, namun sebagai gantinya masih banyak pemandangan alam yang bisa sobat jumpai dan cukup untuk memanjakan sepasanga mata sobat.

Untuk kenyamanan setiap pengunjung apalagi pengunjung mancanegara, pengelola pantai plengkung yaitu PT. Plengkung Indah wisata telah melengkapinya dengan beragam fasilitas mulai dari camp, jangle, bar, restaurant, bungalow dan persewaan papan selancar dan lain-lain. Sayangnya kurs untuk menggunakan fasilitas tersebut menggunakan mata uang dollar, sehingga bagi wisatawan domestik harga tersebut lumayan mahal. Inilah yang menjadikan wisatawan domestik yang berkunjung ke pantai ini jarang yang menginap.

Lokasi pantai plengkung (G-Land)

Lokasi pantai Plengkung (G-Land) terletak di ujung timur pulau jawa tepatnya masuk dalam kawasan Taman Nasional Alas Purwo. Untuk tiba di pantai ini bisa melalui akses darat mapun laut.

Rute menuju Pantai Plengkung (G-Land)
 
Jalur Darat

Jika sobat berangkat dari kota Banyuwangi bisa naik bus dan turun di Kalipahit, selajutnya sobat naik ojek menuju ke Pasar Anyar, kemudian menuju ke Pos Pancur. Di pos ini pengunjung tidak boleh melanjutkan dengan kendaraan bagi yang membawa kendaraan pribadi.  Jarak dari Banyuwangi ke Pos Pancur ini kurang lebih 80 km lama perjalanan kurang lebih 2 sampai 3 jam.

Jika sudah tiba di Pos Pancur sobat bisa melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki kurang lebih 9 km atau naik kendaraan (sewa) yang  disediakan oleh pengelola. Perjalan ini penuh dengan petualangan, sepanjang jalan ini adalah off road yang lumayan sulit untuk dilewati baik berjalan kaki maupun menggunakan kendaraan. Selain itu tempat ini merupakan kawasan yang dikelola dan dilindungi maka sobat jangan melanggar peraturan yang berlaku. Ongkos kendaraan (mobil pick up modifikasi) dari Pos Pancur ke Pantai Plengkung PP adalah 250.000 (PP). Ingat mobil pick up ini hanya beroperasi sapai jam 5 sore saja, jadi pastikan sobat bisa datang jauh sebelumnya.

Jalur Laut

Jika memilih jalur laut sobat dapat naik speed boat atau perahu nelayan yaitu naik dari pantai Grajagan. Yang jaraknya kurang lebih 40 km, jika ditempuh dengan speeboat memakan waktu kurang lebih 1 jam dan akan memakan waktu 2 jam jika menggunakan perahu nelayan. Jalur laut ini juga merupakan jalur dari Bagi yang ingin menuju ke Pantai Plengkung (G-Land).

Demikian ulasan tentang obyek wisata pantai plengkung yang sangat menarik hati, sekian dan terimakasih.


Advertisement
ADS3


Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top